ANALISIS INDEKS KUALITAS PERAIRAN BERDASARKAN PARAMETER NUTRIEN DI PERAIRAN UJUNG GENTENG, JAWA BARAT DAN LABUHANBUA, NUSA TENGGARA BARAT

Joni Haryadi, Erlania Erlania, I Nyoman Radiarta

Abstract


Aktivitas budidaya perikanan sangat dipengaruhi oleh kondisi perairan. Berbagai kajian telah dilakukan untuk melihat kondisi kualitas perairan yang dihubungkan dengan pemanfaatannya untuk aktivitas budidaya menggunakan water quality index (WQI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi perairan Labuhanbua, Nusa Tenggara Barat dan Ujung Genteng, Jawa Barat, dengan menggunakan WQI berdasarkan parameter nutrien. Data lapangan telah dikumpulkan dari 15 dan 25 titik pengamatan yang disebar merata pada kedua lokasi penelitian dengan parameter terdiri atas N-total, nitrat, amonium, P-total, ortofosfat dan turbiditas yang merupakan parameter indikator nutrien pada perairan Nilai WQI berbasis parameter nutrien (WQInt) dihitung berdasarkan parameter yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui parameter utama yang memberikan kontribusi terhadap pembentukan nilai WQInt pada kedua kawasan perairan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi perairan di Ujung Genteng dan Labuanbua tergolong baik hingga sangat baik dengan rataan nilai WQInt masing-masing 96,92 ± 3,05 dan 96,67 ± 1,83. Hal ini mengindikasikan kedua perairan berpotensi untuk pengembangan budidaya laut jika dinilai dari aspek kesuburan dan pencemaran.


Keywords


indek kualitas perairan; nutrien, budidaya laut; Ujung Genteng; Labuanbua

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats