EFEKTIVITAS LAMA PERENDAMAN BAKTERIN Vibrio harveyi TERHADAP SINTASAN DAN PERTUMBUHAN UDANG WINDU (Penaeus monodon Fabr)

Arifuddin Tompo, Endang Susianingsih, M Rizal

Abstract


Penyakit pada budidaya udang dapat menyebabkan terjadinya penurunan produksi bahkan kematian pada usaha budidaya tersebut. Alternatif pencegahan yang saat ini banyak dilakukan adalah melalui immunoprofilaksis yaitu meningkatkan kekebalan udang terhadap serangan penyakit dengan pemberian immunostimulanseperti vaksin bakterin maupun vaksin rekombinan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas lama perendaman bakterin terhadap sintasan dan pertumbuhan pada udang windu (Penaeus monodon Fabr).Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan lama perendaman dan 4 ulangan: A = kontrol (tanpa bakterin), B = Lama perendaman dengan bakterin 15 menit, C = 30 menit, D = 45 menit dan E = 60 menit denganhewan uji benur PL 17 yang telah diperiksa bebas Vibrio dan WSSV dengan padat penebaran 20 ekor/2 L air laut yang telah disterilkan.Bakterin yang digunakan dari Vibrio harveyi dengan dosis 0,2 mL/L Uji tantang setelah pemberian bakterin dilakukan menggunakan beberapa konsentrasi bakteri V. harveyidengan 4 perlakuan dan 5 ulangan: A = penambahan bakteri 0.02 mL/L, B = penambahan bakterin 0.2 mL/L, C = penambahan bakterin 2.0 mL/L dan D = kontrol (tanpa penambahan bakteri). Peubah yang diamati adalah sintasan udang uji pada akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu perendaman menggunakan bakterin selama 45 menit dan 60 menit lebih baik jika dibandingkan dengan perendaman selama 15 dan 30 menit dengan sintasan yang dihasilkan sebesar 86.25% dan 73,75%.


Keywords


perendaman; bakterin; sintasan; pertumbuhan; udang windu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats