PENERAPAN SKALA LAPANG TEKNOLOGI VAKSINASI PADA BUDIDAYA IKAN GURAMI (Osphronemus gouramy) MELALUI PENGGUNAAN VAKSIN Mycobacterium fortuitum UNTUK PENCEGAHAN PENYAKIT MYCOBACTERIOSIS

Uni Purwaningsih, Angela Mariana Lusiastuti, Desy Sugiani, Yani Aryati

Abstract


Aplikasi vaksinasi dalam budidaya gurami merupakan salah satu upaya aplikatif untuk melindungi gurami terhadap serangan agen patogen. Pemberian vaksin diharapkan dapat merangsang respon imun spesifik dan spesifik pada ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas vaksin M. fortuitum pada uji skala lapang. Penelitian menggunakan Rancang Acak Lengkap dengan 3 perlakuan. Keberhasilan vaksinasi diukur dari beberapa parameter yaitu titer antibodi, SR, RPS dan pertumbuhan yang meliputi panjang, bobot, laju pertumbuhan relatif dan FCR. Nilai titer antibodi perlakuan vaksin  menunjukkan berbeda nyata (P<0,05) dibandingkan dengan kontrol. Induksi vaksinasi berpengaruh positif terhadap laju pertumbuhan relative serta pertumbuhan yang berbeda nyata (P<0,05) dibanding kontrol. Tingkat konversi pakan (FCR) pada gurami yang divaksin menunjukkan nilai yang lebih efektif dibandingkan dengan kontrol. Pemberian vaksin pada gurami mampu meningkatkan tingkat sintasan (SR) sebesar 80–90% dengan nilai RPS sebesar 60–77,78%. Perlakuan vaksinasi dengan booster menunjukkan nilai parameter–parameter keberhasilan vaksinasi yang lebih baik daripada perlakuan tanpa booster.


Keywords


M. fortuitum; vaccine; RPS; gurami (Osphronemus gouramy); aplikasi lapang

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats