STUDI EVALUASI PERTUMBUHAN IKAN NILA SRIKANDI PADA TAMBAK IDLE PONDOK PESANTREN IMAM SYAFI’I KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH

Shofihar Sinansari, Adam Robisalmi, Bambang Priono, Endhay Kusnendar

Abstract


Balai Penelitian Pemuliaan Ikan, Sukamandi telah menghasilkan ikan nila unggul yang diberi nama NILA SRIKANDI. Ikan nila tersebut mempunyai kemampuan tumbuh cepat dan toleran terhadap kondisi air bersalinitas tinggi. Kegiatan ini bertujuan menerapkan Iptek budidaya ikan nila Srikandi kepada masyarakat pondok pesantren di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tahapan kegiatan ini berupa Inisiasi, Forum Group Discussion (FGD), pelaksanaan kegiatan (persiapan tambak, penebaran benih, pemeliharaan ikan nila srikandi, pemantauan lingkungan dan kesehatan ikan, pemanenan dan temu Lapang (showcase). Kegiatan budidaya ikan nila Srikandi secara umum mampu meningkatkan produktivitas lahan tambak yang sebelumnya digunakan untuk budidaya udang. Ikan nila Srikandi mampu bertahan pada kondisi salinitas tambak yang cukup tinggi (di atas 40 ppt) masing -masing sebesar 56,52% dan 1,3. Dari 30.000 ekor benih ikan nila Srikandi yang ditebar dengan ukuran 1-2 g/ekor yang dipelihara selama 3 bulan dapat menghasilkan sekitar 1,7 ton.


Keywords


ikan nila srikandi; tambak Idle; pondok pesantren; Brebes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats