PERFORMA PERTUMBUHAN IKAN NILA NIRWANA (Oreochromis niloticus), IKAN NILA MERAH (O. niloticus x O. mossambicus), IKAN NILA SRIKANDI (O. aureus x O. niloticus), DAN IKAN NILA BIRU (O. aureus ) PADA PEMELIHARAAN DI TAMBAK

Adam Robisalmi, Priadi Setyawan, Bambang Gunadi

Abstract


Ikan nila sifat eurihalin, sehingga dalam dapat dibudidayakan di perairan air tawar, payau dan KJA laut. Dalam rangka peningkatan produksi ikan nila nasional diperlukan strain unggul yang mampu tumbuh cepat dan toleran terhadap salinitas tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi performa pertumbuhan ikan nila yaitu ikan nila hitam (Oreochromis niloticus), ikan nila merah (O. niloticusO. mossambicus), nila Srikandi (O. aureus x O. niloticus), dan nila biru (O.aureus). Parameter yang diamati meliputi pertumbuhan, sintasan, dan rasio konversi pakan. Pembenihan dilakukan di kolam air tawar menggunakan metode pemijahan secara alami dengan rasio jantan dan betina 10:30. Pada hari ke-14 larva dipanen, dan didederkan di hapa berukuran 2 m x 2 m x 1 m dengan padat tebar 250 ekor/m2 selama 90 hari. Kegiatan pembesaran dilakukan di tambak bersalinitas 25-40 g/L menggunakan wadah berupa waring 3 m x 5 m x 1 m selama 120 hari. Padat tebar yang digunakan adalah 10 ekor/m2 dengan pemberian pakan sebanyak 5%-10% dari biomassa dengan frekuensi pemberian dua kali sehari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ikan nila Srikandi mempunyai pertumbuhan tertinggi dengan rerata bobot akhir sebesar 184,83 g, diikuti oleh ikan nila biru 162,64 g, nila merah 146,67 g dan terendah adalah ikan nila Nirwana 134,34 g. Nilai rasio konversi pakan terendah ditunjukkan nila srikandi yaitu 1,22 sedangkan konversi pakan tertinggi nila biru yaitu 2,06. Adapun nilai sintasan tertinggi diperlihatkan nila merah sebesar 81% dan terendah nila nirwana 71,50%. Berdasarkan data pertumbuhan dan sintasan, ikan nila Srikandi dapat dijadikan sebagai komoditas alternatif untuk budidaya ikan di tambak bersalinitas tinggi.


Keywords


pertumbuhan; ikan nila; salinitas; tambak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats