PERSENTASE SISA PAKAN PROTEIN TINGGI DAN RENDAH DI ANCO (FEEDING TRAY) PADA BUDIDAYA UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) INTENSIF DENGAN TEKNIK PERGILIRAN PAKAN

Muhammad Nur Syafaat, Abdul Mansyur, Syarifuddin Tonnek, Muhammad Chaidir Undu

Abstract


Pemanfaatan anco pada budidaya udang vaname intensif diharapkan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perbedaan antara sisa pakan protein tinggi dan protein rendah di anco pada budidaya udang vaname intensif dengan teknik pergiliran pakan. Penelitian ini menggunakan satu petak tambak tanah dengan luas 3.500 m2. Benur yang ditebar ukuran PL-8 dengan kepadatan 150 ekor/m2. Pemberian pakan pada bulan pertama menggunakan pakan berprotein tinggi sampai hari ke-30. Memasuki bulan kedua sampai masa akhir pemeliharaan, dilakukan pergiliran pakan antara pakan berprotein tinggi (28%-30%) dengan pakan berprotein rendah (26%-28%) dengan waktu pemberian yang berbeda yaitu dua hari protein rendah dan satu hari protein tinggi. Aplikasi anco dimulai pada hari ke-33 sampai masa akhir pemeliharaan dan pengamatan sisa pakan di anco dilakukan setiap dua jam setelah pemberian pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase sisa pakan di anco untuk pakan protein tinggi lebih rendah dibandingkan pakan protein rendah dengan rata-rata persentase sisa pakan masing-masing yaitu 6,03% (SD ± 7,89) dan 10,55% (SD ± 11,8) tapi tidak berbeda nyata secara statistik (P>0.05). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa suhu berpengaruh terhadap persentase sisa pakan di anco untuk kedua jenis pakan namun pengaruhnya lebih besar pada pakan protein rendah dengan nilai r masing-masing yaitu 0,35 dan 0,67. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan untuk mengurangi jumlah pakan dan menggunakan pakan protein tinggi pada malam hari dan pada kondisi suhu rendah (<27°C), memberikan pakan lebih banyak pada waktu siang dibandingkan malam hari dan pemberian pakan pada malam hari untuk fase bulan terang lebih banyak dibandingkan fase bulan gelap.


Keywords


sisa pakan; protein tinggi; protein rendah; anco; vaname; pergiliran pakan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats