KELIMPAHAN PLANKTON PADA PEMELIHARAAN LARVA ABALON (Haliotis squamata) DENGAN KONSENTRAT Amphora sp. PADA UMUR YANG BERBEDA

Fahrudin Fahrudin, Fitriyah Husnul Khotimah, I Gusti Ngurah Permana, Ibnu Rusdi, I Nyoman Adiasmara Giri

Abstract


Abalon (Haliotis squamata) merupakan salah satu komoditas budidaya laut yang telah berkembang dan upaya pengembangannya terus dilakukan. Untuk mendukung pengembangan budidaya abalon, penyedian pakan alami dalam bentuk konsentrat telah dilakukan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keragaan plankton pada pemeliharaan larva abalon dengan pemberian konsentrat Amphora sp. pada umur yang berbeda. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan tiga perlakuaan. Perlakuan A (5 hari), B (10 hari) dan C (15 hari) dengan tiga ulangan. Parameter yang diamati adalah Kelimpahan plankton, pertumbuhan dan sintasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6-10 spesies plankton yang ditemukan. Thallasionema sp. merupakan plankton yang paling berlimpah sedangkan Navicula sp. dan Diploneis sp. adalah plankton yang sedikit. Pertumbuhan panjang dan lebar cangkang larva abalon pada perlakuan A berbeda nyata dengan perlakuan C. Sintasan larva abalon setiap perlakuan tidak menunjukkan perbedaan, karena kondisi air dan persedian pakan yang cukup dalam lempeng (plate) pemeliharaan larva abalon. Penggunaan konsentrat Amphora sp. dapat mendukung tumbuhnya plankton alam yang dimanfaatkan oleh larva abalon.


Keywords


kelimpahan plankton; larva abalon; konsentrat Amphora sp.; Haliotis squamata

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats