KELIMPAHAN PLANKTON DAN MAKROBENTOS PADA BUDIDAYA IKAN SISTEM AKUAPONIK MULTILOKASI

Yohanna Retnaning Widyastuti, Yosmaniar Yosmaniar

Abstract


Komposisi jenis dan kelimpahan dari plankton dan makrobentos dalam sistem akuaponik berperanan penting pada kualitas air dan keseimbangan ekologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi jenis kelimpahan plankton dan makrobentos pada budidaya ikan sistem akuaponik secara multilokasi. Penelitian dilakukan di tiga lokasi yaitu wilayah Sukabumi, Bogor, dan Cianjur. Penentuan lokasi berdasar perbedaan topografi yaitu dataran rendah (R), sedang (S), dan tingggi (T). Di tiap lokasi dibuat tiga unit
akuaponik. Rancangan sistem akuaponik terdiri atas kolam beton 5 m x 4 m dan bak media tanam sayur dengan luas 5 m2 yang diletakkan di atas kolam. Tanaman yang digunakan adalah kangkung (Ipomea aqutica). Ikan uji adalah nila (Oreochromis niloticus). Pengambilan sampel plankton dan makrobentos dilakukan secara reguler tiap dua minggu. Sampel plankton diambil di kolam dan disaring dengan plankton net dan sampel makrobentos dari sedimen/lumpur kolam diambil dengan plastik core. Pengawetan sampel dilakukan menggunakan formalin 4% untuk selanjutnya diidentifikasi di laboratorium. Indeks     keanekaragaman (H’), dominansi (D), dan keseragaman (E) menurut Shannon-Wiener dianalisis untuk mengetahui keragaan biota dari setiap lokasi penelitian. Total waktu penelitian adalah 10 bulan. Analisis dilakukan secara deskriptif.
Hasil menunjukan bahwa komposisi jenis, keanekaragaman, dominansi dan keseragaman plankton, dan makrobentos yang ditemukan dalam penelitian ini memberikan peranan dalam siklus ekologi dan kualitas air unit akuaponik. Aplikasi sistem akuaponik dapat diterapkan diberbagai lokasi dan tidak terpengaruh oleh topografi suatu daerah.
 


Keywords


plankton, makrobentos, akuaponik, multi lokasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats