PEMANFAATAN RUMPUT LAUT (Gracillaria verrucosa) UNTUK MENGONTROL KUALITAS AIR PADA BUDIDAYA UDANG WINDU (P. monodon) DI TAMBAK

Burhanuddin Burhanuddin, Erfan Andi Hendrajat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh rumput laut Gracillaria sp. terhadap mutu air tambak yang mendukung pertumbuhan dan sintasan udang windu. Penelitian dilakukan di tambak pada tahun 2013 dengan menggunakan 2 petak tambak berukuran masing-masing 10.000 m2. 1 petak ditebari udang windu dan rumput laut jenis Gracillaria verrucosa (A) dan 1 petak hanya ditebari udang windu (B). Persiapan tambak dilakukan dengan perbaikan: pematang, pintu air, pengeringan, pemasangan saringan, dan pemberantasan hama. Pencucian tambak dilakukan dengan memasukkan air sebanyak-banyak kemudian dibuang kembali dan dilakukan sebanyak tiga kali. Pengisian air untuk persiapan penebaran dilakukan dengan memasukkan air setinggi 30-60 cm dan dan dilanjutkan dengan penebaran rumput laut. Setelah 30 hari kemudian ditebari benih udang windu masing 20.000,- ekor perpetak dan dipelihara selama 120 hari. Pengukuran bobot awal dan parameter kualitas air seperti suhu, oksigen terlarut, pH, alkalinitas, BOT, amonia, nitrat, PO4-P dilakukan sebelum penebaran rumput laut dan dilanjutkan setiap 15 hari sekali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tambak yang ditebari rumput laut pada perlakuan A memberikan pengaruh terhadap peningkatan mutu air tambak yang berdampak pada peningkatan pertumbuhan, sintasan dan produksi pada tambak (A) dibanding dengan tambak yang tidak ditanami rumput laut (B).


Keywords


rumput laut; udang windu; laju pertumbuhan; produksi; kualitas air; pendapatan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats