ANALISIS JARINGAN KERJA PADA PERSIAPAN TAMBAK TEKNOLOGI SUPER INTENSIF DI KABUPATEN TAKALAR BERDASARKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) DAN PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE (PERT)

Andi Indra J. Asaad, Makmur Makmur, Rachman Syah

Abstract


Penelitian tentang jaringan kerja pada persiapan tambak teknologi super intensif telah dilakukan pada bulan Mei-Juni 2013 di Instalasi Tambak Percobaan Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Payau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan masing-masing kegiatan dan perkiraan waktu pelaksanaan, mengetahui jalur kritis, dan mengetahui probabilitas penyelesaian seluruh kegiatan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan/observasi dan wawancara dengan pelaksana lapangan. Data yang dikumpulkan berupa data urutan pekerjaan dan lama waktu penyelesaiannya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Critical Path Method (CPM) dan Programme Evaluation and Review Technique (PERT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan 15 (lima belas) kegiatan persiapan tambak super intensif memerlukan waktu 51 hari yang ditandai dengan selesainya kegiatan penebaran benur. Terdapat 11 (sebelas) kegiatan yang termasuk dalam jalur kritis, yaitu: Persiapan bahan (kode A) – Pemasangan saringan inlet (kode C) – Pemasangan papan pintu air (kode E) - Pemasangan sistem aerasi (kode G) Pengisian air setinggi 100 cm (kode H) - Aplikasi kapur dolomit (kode I) – Pemupukan (kode K) - Penumbuhan plankton (kode L) - Aplikasi probiotik (kode M) - Penambahan air (kode N) - Penebaran benur (kode O). Probabilitas waktu penyelesaian kegiatan sebesar 91,62%. Hasil penelitian memberikan informasi tahapan kegiatan yang tidak mempunyai waktu tenggang, sehingga persiapan untuk tahapan tersebut perlu diperhatikan untuk kelancaran persiapan tambak.


Keywords


persiapan tambak; teknologi super intensif; Critical Path Method (CPM) Programme Evaluation and Review Technique (PERT)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats