DINAMIKA KOMUNITAS PLANKTON DI KOLAM PENDEDERAN BENIH IKAN TENGADAK (Barbonymus schwanenfeldii) DENGAN JUMLAH PEMBERIAN PAKAN BUATAN BERBEDA

Ani Widiyati, Anggia Imani, Nikken Tunjung Murti Pratiwi

Abstract


Jumlah pemberian pakan buatan untuk pendederan ikan tengadak yang tidak tepat mengakibatkan ledakan fitoplankton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika komunitas plankton pada kolam pendederan ikan tengadak (Barbonymus schwanenfeldii) dengan perlakuan pemberian pakan buatan berbeda. Penelitian dilakukan bulan April-Juni 2013, di Instalasi Penelitian Lingkungan dan Toksikologi Cibalagung Bogor dan Laboratorium Produktivitas dan Lingkungan Perairan, Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, IPB . Parameter plankton yang diamati adalah jenis dan kelimpahan plankton (fitoplankton dan zooplankton), indeks biologi (keanekaragaman, keseragaman & dominansi), dan indeks Nygard serta parameter fisika dan kimia air. Hasil penelitian memperlihatkan jenis fitoplankton yang mendominasi pada semua perlakuan pemberian pakan 3, 6, dan 9% adalah Chlorophyceae, jenis zooplankton adalah Rotifera. Kelimpahan plankton tidak berbeda pada semua perlakuan. Nilai indeks keanekaragaman tergolong sedang, nilai indeks keseragaman tinggi dan nilai indeks dominansi rendah baik pada fitoplankton maupun zooplankton. Keberadaan plankton yang paling berfluktuasi ditunjukkan oleh pendederan dengan perlakuan pemberian pakan 6%, keberadaan plankton paling stabil ditunjukkan oleh perlakuan pemberian pakan 9%.


Keywords


tengadak; fitoplankton; zooplankton; jumlah pakan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats