PENGGUNAAN Nannochloropsis sp. KONSENTRAT SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER GREEN WATER UNTUK PEMELIHARAAN LARVA KERAPU SUNU (Plectropomus leopardus)

Suko Ismi, Daniar Kusumawati, Yasmina Nirmala Asih

Abstract


Produksi massal ikan kerapu sunu dari hasil budidaya sudah dapat dilakukan, namun mortalitas masih sering terjadi pada stadia larva. Teknologi dengan manajemen yang baik dengan jaminan kecukupan pakan dan kondisi air pemeliharaan yang optimal diharapkan dapat meningkatkan tingkat kelangsungan hidup. Penggunaan Nannochloropsis sp. dari kultur massal dan konsentrat yang berfungsi sebagai green water dan suplai pakan rotifer telah diujicobakan dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan Nannochloropsis sp. konsentrate sebagai alternatif sumber green water media pemeliharaan pada sintasan larva kerapu sunu. Perlakuan pada penelitian ini adalah pemeliharaan larva dengan menggunakan Nannochloropsis sp. konsentrat dan Nannochloropsis sp. hasil dari kultur massal. Pemeliharaan larva dilakukan dengan cara pembenihan ikan yang baik dan tahapan pemeliharaan mengikuti panduan pameliharaan larva yang sudah ada. Pemeliharaan larva dilakukan sampai dengan yuwana dan kedua perlakuan diulang 3 kali. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan larva, sintasan, kepadatan rotifer dalam air pemeliharaan, rotifer dalam perut larva, analisa ekonomi dan kualitas air pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nannochloropsis sp. konsentrat dapat digunakan sebagai alternatif sumber green water namun kurang ideal sebagai pakan alami bagi rotifer di media pemeliharaan. Penggunaan Nannochloropsis sp. konsentrat belum cukup optimal untuk meningkatkan sintasan benih ikan kerapu sunu.


Keywords


Green Water; kerapu sunu; pemeliharaan larva

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats