PENGGUNAAN UBI JALAR VARIETAS SUKUH SEBAGAI SUMBER PREBIOTIK DALAM PAKAN UNTUK MENINGKATKAN KECERNAAN DAN PERTUMBUHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus)

Achmad Noerkhaerin Putra

Abstract


Prebiotik adalah bahan pangan yang tidak dapat dicerna tetapi memiliki efek positif dengan cara menstimulir pertumbuhan mikroflora normal di dalam saluran pencernaan inangnya. Bahan pangan yang memiliki kriteria sebagai prebiotik adalah karbohidrat golongan oligosakarida yang banyak terkandung di dalam umbi-umbian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penambahan ubi jalar varietas sukuh sebagai sumber prebiotik dalam pakan untuk meningkatkan kecernaan dan pertumbuhan ikan nila. Penelitian terdiri dari 4 perlakuan penambahan prebiotik dengan 3 kali ulangan, yakni penambahan prebiotik 0%, penambahan prebiotik 0,5%, penambahan prebiotik 1% dan penambahan prebiotik 1,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan prebiotik pada pakan menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan kontrol. Penambahan prebiotik 1% dalam pakan telah menghasilkan populasi bakteri, kecernaan protein, retensi protein, Specific Growth Rate (SGR) dan nilai efisiensi pakan terbaik dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Hasil ini menegaskan potensi ubi jalar varietas sukuh sebagai sumber prebiotik dalam meningkatkan kecernaan dan pertumbuhan ikan nila.


Keywords


prebiotik; pertumbuhan; ikan nila

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats