EVALUASI PERFORMA IKAN PATIN PASUPATI YANG DIPERBAIKI, PERSILANGAN ANTARA HASIL SELEKSI BETINA PATIN SIAM (Pangasianodon hypophthalmus Sauvage, 1878) F1 DENGAN JANTAN PATIN JAMBAL (Pangasius djambal Bleeker, 1846) F1 PADA SEGMEN PEMBENIHAN

Evi Tahapari, Jadmiko Darmawan, Ika Nurlaela, Raden Roro Sri Pudji Sinarni Dewi, Wahyu Pamungkas

Abstract


Pembentukan perbaikan strain ikan patin unggul Pasupati merupakan upaya perbaikan ikan patin Pasupati (yang dirilis tahun 2006) terhadap karakter pertumbuhan. Perbaikan karakter ini dilakukan melalui persilangan induk betina ikan patin Siam dan induk jantan patin Jambal FI hasil seleksi famili. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi performa ikan patin Pasupati “yang diperbaiki” dengan harapan dapat tumbuh cepat dan tetap memiliki karakter daging berwarna putih. Penelitian ini disusun dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan yaitu (A) ikan patin Siam FI (B) ikan patin Pasupati dan (C) ikan patin Pasupati yang diperbaiki. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Parameter yang diamati meliputi derajat fertilitas (fertilization rate/FR), derajat tetas telur (hatching rate/HR), abnormalitas larva, sintasan (survival rate/SR), pertumbuhan (panjang dan bobot) benih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa benih ikan patin Pasupati “yang diperbaiki” memberikan pertambahan bobot dan panjang yang tertinggi (P<0,05) dibanding populasi lainnya selama 28 hari pemeliharaan, akan tetapi tidak memberikan perbedaan yang nyata (P>0,05) antar perlakuan terhadap parameter derajat fertilisasi, derajat tetas telur dan abnormalitas larva.


Keywords


performa; hibridisasi; pasupati; pembenihan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats