ANALISIS KERAGAMAN GENETIK EMPAT POPULASI IKAN MAS RAJADANU DENGAN MENGGUNAKAN METODE RAPD (Random Amplified Polymorphism DNA)

Wahyulia Cahyanti, Deni Radona, Otong Zenal Arifin, Sidi Asih

Abstract


Penelitian tentang perbaikan mutu genetik ikan mas Rajadanu telah sejak lama dilakukan oleh BBPPBAT Bogor. Penelitian tersebut sudah sampai pada tahap diperolehnya F1, F2, dan produksi GPS. Sebagai informasi yang menentukan tingkat keberhasilan pemuliaan ikan mas rajadanu tersebut dilakukan penelitian keragaman genetik 4 populasi ikan mas Rajadanu (Cyprinus carpio) F0, F1, F2 dan GPS. Penelitian dilakukan di Laboratorium Molekuler Biologi, Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPPBAT) Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman genetik dari 4 populasi ikan mas rajadanu F0, F1, F2 dan GPS menggunakan metode RAPD. Amplifikasi DNA menggunakan primer OPA-02 dan OPA-09. Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase polimorfimse berkisar antara 26,67%-50,00% dan heterosigositas 0,120,20. Jarak genetik terendah terlihat antara F2 dengan GPS, sedangkan jarak genetik tertinggi antara F0 dengan GPS.


Keywords


RAPD; genetik; populasi; ikan mas; Cyprinus carpio

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats