KONSTRUKSI VEKTOR EKSPRESI GEN HORMON PERTUMBUHAN LELE DUMBO (Clarias sp.) UNTUK PRODUKSI IKAN LELE LOKAL (Clarias batrachus) TRANSGENIK

Ibnu Dwi Buwono, Nono Carsono, Yuniar Mulyani, M. Untung Kurnia

Abstract


Pertumbuhan ikan lele lokal dapat diperbaiki dengan menyisipkan gen hormon pertumbuhan ikan lele dumbo. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh konstruksi vektor ekspresi (pTarget) rekombinan yang mengandung sisipan gen hormon pertumbuhan ikan lele dumbo (Clarias sp.) dan promoter -aktin lele lokal (C. batrachus) dalam upaya pembuatan ikan lele lokal transgenik. Promoter -aktin lele lokal (pCbBA) telah berhasil diisolasi dari hipofisa ikan tersebut dengan ukuran sekitar 1,7 kbp, dan memiliki elemen transkripsi CAAT box, TATA box, GC box, motif CarG dan TGACG berdasar analisis program TF Bind. Penggantian promoter CMV (cytomegalovirus) yang terkandung dalam vektor ekspresi pTarget dengan promoter â-aktin lele lokal menggunakan dua enzim restriksi SgfI dan I-PpoI, menghasilkan fragmen DNA berukuran 6083 bp (pTargetGH lele dumbo) sebagai produk digesti. Fragmen pTarget-GH lele dumbo yang diligasi dengan promoter aktin lele lokal membentuk konstruksi pTarget-pCbBA-GH lele dumbo (7783 bp) sebagai vektor ekspresi ikan lele lokal transgenik.


Keywords


vektor ekspresi; hormon pertumbuhan; lele dumbo; lele lokal transgenik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats