PENGEMBANGAN METODE INDIRECT Enzyme-linked Immunosorbent Assay (ELISA) UNTUK MENGUKUR RESPONS IMUN HUMORAL IKAN NILA, Oreochromis niloticus TERHADAP ANTIGEN Streptococcus agalactiae

Desy Sugiani, Angela Mariana Lusiastuti, Wiratama E.

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menentukan sumber antigen yang paling kompatibel dalam mendeteksi antibodi dari Tilapia. Tahap awal penelitian dimulai dengan mengembangkan monoklonal untuk immunoglobulin anti-nila rantai panjang yang digunakan dalam assay untuk mendeteksi respon humoral terhadap antigen dari S. agalactiae. Validasi uji memerlukan antibodi anti-S. agalactiae yang diproduksi di ikan nila melalui imunisasi dengan vaksin S. agalactiae dan sebagai kontrol adalah serum ikan yang tidak divaksin. Serum diambil pada hari ke-21 pasca vaksinasi dan antibodi anti-S. agalactiae diukur menggunakan metode indirect ELISA. Beberapa antigen yang digunakan adalah sel utuh, supernatan, sel yang disonikasi, dan supernatan yang disonikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode indirect ELISA mampu mendeteksi respon imun humoral ikan nila yang divaksinasi dengan vaksin S. agalactiae. Nilai rata-rata OD tertinggi adalah 0.169 dan 0,162 diperoleh dari antigen supernatan dari bakteri homolog dengan sediaan vaksin dan telah melalui proses sonikasi. Hasil ini menunjukkan bahwa ikatan komplek antigen- antibodi terbentuk lebih banyak dengan menggunakan antigen berupa supernatan bakteri S. agalactiae yang disonikasi dibandingkan dengan sumber antigen lainnya.


Keywords


Oreochromis niloticus; Streptococcus agalactiae; indirect ELISA; antigen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats