FREKUENSI SERANGAN EKTOPARASIT YANG MENGINFEKSI IKAN CAPUNGAN BANGGAI (Pterapogon kauderni) YANG DILALULINTASKAN DI KEPULAUAN BANGGAI

Moh. Zamrud, Alimudin Laapo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui frekuensi serangan ektoparasit yang menginfeksi ikan capungan Banggai (Pterapogon kauderni) yang dilalulintaskan di Kepulauan Banggai dan potensi ancaman yang ditimbulkan dari masing-masing jenis ektoparasit tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan regresi sederhana menggunakan data time series. Analisis data diperoleh dengan melihat frekuensi serangan pada tahun 2010-2013 dan memprediksi potensi ancaman yang ditimbulkan pada tahun-tahun mendatang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tahun 2010 - 2013 , terdapat 6 jenis ektoparasit yang ditemukan yaitu Chilodonella sp, Trichodina sp, Amyloodinium sp., Vorticella sp, Zoothamnium sp. dan Ichthiopthirius sp. Frekuensi serangan ektoparasit yang paling banyak adalah Trichodina sp sebanyak 189 kali, Amyloodinium sp. sebanyak 56 kali, Chilodonella sp sebanyak 39 kali, Zoothamnium spsebanyak 14 kali,Ichthiopthirius spsebanyak 10 kali, dan Vorticella spsebanyak 8 kali.Dari hasil analisis regresi diperoleh bahwa kemungkinan potensi ancaman terbesar (78%) ektoparasit jenis Amyloodinium sp. untuk tahun-tahun mendatang lebih tinggi perubahan peningkatan serangannya dibandingkan jenis parasit lain. Namun, jika di analisis dari sisi frekuensi serangan ektoparasit yang menginfeksi ikan capungan Banggai pada tahun 2010-2013,Trichodina sp. lebih dominan dibanding parasit lainnya.


Keywords


capungan banggai; ektoparasit

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats