KEBIASAAN MAKAN BENIH IKAN PATIN SIAM ( Pangasianodon hypophthalmus ) YANG DIPELIHARA DI KOLAM BETON DENGAN PEMUPUKAN OPTIMAL

Jadmiko Darmawan, Evi Tahapari

Abstract


Ikan Patin Siam tergolong sebagai ikan omnivora cenderung karnivora. Pengamatan kebiasaan makan ikan (feeding habit) merupakan salah satu cara untuk mengetahui jenis makanan yang dikonsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis organisme yang menjadi makanan benih ikan patin siam yang dipelihara pada kolam beton dengan pemupukan optimal dan mengetahui jenis organisme yang menjadi makanan utamanya. Penelitian dilakukan dengan melakukan pemeliharaan benih umur 15 hari pada kolam beton dengan pemupukan optimal selama 14 hari. Ikan uji adalah benih ikan patin siam berumur 22 dan 29 hari dengan panjang rata-rata 3,78±1,18 cm dan 5,26±0,85 cm serta berat rata-rata 0,93±0,61 gram dan 1,63±0,75 gram. Setelah 7 dan 14 hari pemeliharaan dilakukan pengambilan sampel secara purposive. Metode yang digunakan untuk mengamati kebiasaan makan  adalah metode indeks of propenderance. Pengamatan kelimpahan plankton dan isi saluran pencernaan ikan uji diamati secara langsung dengan menggunakan mikroskop di Laboratorium Plankton dan Laboratorium Biologi, Balai Penelitian Pemulihan dan Konservasi Sumberdaya Ikan, Jatiluhur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa benih ikan patin siam yang dipelihara pada kolam beton dengan pemupukan optimal bersifat omnivora namun lebih cenderung bersifat karnivora dengan makanan utamanya larva insekta (Chironomus sp.).


Keywords


kebiasaan makan; makanan; pencernaan; benih patin siam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats