FORMULASI PAKAN BUATAN PROTEIN TINGGI UNTUK MENSUBTITUSI PAKAN ALAMI DALAM PEMELIHARAAN BENIH IKAN RAINBOW ASAL DANAU KURUMOI

Siti Subandiyah, Nina Meilisza, Rina Hirnawati, Sukarman Sukarman, Chumaidi Chumaidi

Abstract


Pemberian pakan alami 100% membutuhkan biaya tinggi, karena penyediaanya terbatas sehingga perlu substitusi dengan pakan buatan yang penyediaanya lebih mudah dan kandungan gizinya bisa diatur. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan substitusi pakan buatan hasil formulasi yang memberikan pertumbuhan dan sintasan terbaik pada benih ikan rainbow asal danau kurumoi. Pada penelitian ini, wadah yang digunakan adalah akuarium sebanyak 15 buah, yang diisi air setinggi 2/3 bagian. Benih ikan rainbow umur 2 bulan ditebar dengan kepadatan 20 ekor/akuarium. Perlakuan yang diberikan adalah rasio pelet protein tinggi (bahan baku casein) dan Tubifex yaitu A (pelet 0% + Tubifex 100%), B (pelet 25% + Tubifex 75%), C (pelet 50% + Tubifex 50%), D (pelet 75% + Tubifex 25%), E (pelet 100% + Tubifex 0%). Pakan berupa pelet nilai nutrisinya disesuaikan dengan Tubifex dalam bahan kering. Pakan diberikan tiga kali per hari dan diberikan 10% dari biomassa ikan dan dihitung berdasarkan bobot kering. Pengamatan saat sampling berupa penimbangan biomassa dan penghitungan jumlah ikan pada setiap wadah dan sintasan ikan. Data beberapa variabel dianalisis menggunakan sidik ragam untuk membandingkan perlakuan yang satu dengan yang lain. Analisis proksimat, asam amino, dan asam lemak bahan pakan dilakukan dan sebagai data penunjang dilakukan pula analisis kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan berbagai substitusi pakan alami (Tubifex) dengan pakan buatan memberikan performansi pertumbuhan dan sintasan yang sama baiknya.


Keywords


pakan buatan; protein tinggi; substitusi; pakan alami; Melanotaenia parva

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats