KESESUAIAN LAHAN BUDIDAYA TAMBAK BERKELANJUTAN DI KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR DENGAN PERTIMBANGAN KARAKTERISTIK DAN PENGELOLAAN LAHAN

Utojo Utojo, Andi Marsambuana Pirzan, Akhmad Mustafa

Abstract


Kabupaten Lamongan memiliki lahan pertambakan yang sangat luas, namun belum ditentukan kesesuaian lahannya. Umumnya lahan tambak yang disurvai terdapat di areal ekosistem laut dan daratan. Karakteristik lahan seperti topografi, tanah, hidrologi, vegetasi, dan iklim penting dalam menentukan lokasi terbaik, komoditas yang sesuai, tingkat teknologi budidaya, dan musim tanam yang tepat, serta kelestarian lingkungan, sedangkan pengelolaan lahan untuk meningkatkan produktivitas tambak. Data yang diperlukan untuk analisis kesesuaian lahan tambak yaitu data sekunder berupa peta jenis tanah dan peta curah hujan tahunan Provinsi Jawa Timur, peta kelerengan, dan peta Rupabumi Indonesia kawasan Lamongan skala 1:50.000, dan peta citra ALOS AVNIR-2 tahun 2009. Data primer atau data lapangan berupa topografi, kualitas air, kualitas tanah, dan pasang surut. Stasiun pengamatan dan pengambilan contoh ditentukan secara acak dan sistematik, yang setiap stasiunnya ditentukan posisi koordinatnya dengan alat Global Positioning System (GPS). Data primer dan sekunder dikumpulkan di dalam software dan dianalisis secara spasial menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) yang diintegrasikan dengan data penginderaan jauh (data citra satelit ALOS). Berdasarkan hasil survai dan analisis menunjukkan bahwa lahan tambak udang vaname sebagai komoditas unggulan Kabupaten Lamongan seluas 27.126,35 ha. Tidak ada yang tergolong sangat sesuai (Kelas S3), yang tergolong cukup sesuai (Kelas S2) seluas 24.550 ha, tersebar di Kecamatan Paciran, Brondong, Glagah, Karangbinangun, Karanggeneng, Babat, Kalitengah, Turi, Deket, dan Sukodadi, yang tergolong kurang sesuai seluas 2.576,35 ha; terdapat di Kecamatan Sekaran, Maduran, dan Lamongan. Tambak di Kabupaten Lamongan umumnya lama tergenang, tidak memiliki saluran irigasi dan adanya unsur-unsur toksik di dasar tanah tambak sehingga tanah dan airnya perlu diremediasi melalui pengeringan, perendaman, pencucian dan pengapuran.


Keywords


kesesuaian lahan; tambak udang vaname; SIG; Lamongan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats