RESPON PERTAMBAHAN POPULASI Oscillatoria sp. PADA PENINGKATAN KONSENTRASI KARBONDIOKSIDA ANTROPOGENIK

Sahabuddin Sahabuddin, Machluddin Amin, Herlinah Jompa

Abstract


Peningkatan aktivitas antropogenik berakibat pada peningkatan kadar karbondioksida antropogenik di atmosfir selanjutnya diserap oleh lautan. Pada konsentrasi karbondioksida yang tinggi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan populasi fitoplankton di laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji respon
pertumbuhan populasi fitoplankton laut Oscillatoria sp. pada peningkatan konsentrasi karbondioksida antropogenik. Perlakuan yang diujicobakan yaitu kadar karbondioksida a) 385 mg/L; b) 750 mg/L,dan c) 1.000 mg/L. Hasil penelitian yang telah diuji dengan analisis statistik menunjukkan bahwa setelah dikultur dalam media uji yang terkontrol dengan kepadatan awal 3 x 105 sel/mL, maka terjadi tren perbedaan pertambahan populasi yangsangat signifikan seiring dengan peningkatan konsentrasi karbondioksidayaitu: perlakuan a) pertambahan populasi menjadi 1.575.000 sel/mL; b) populasi 555.000 sel/mL; dan c) 420.000 sel/mL pada awal pertumbuhan (hari-1).


Keywords


respon populasi, Oscillatoria, karbondioksida

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats