SINTASANDANPRODUKSIUDANGWINDU(Penaeusmonodon Fabr.) PADATAMBAKAPLIKASIBAKTERINDANPROBIOTIK

Endang Susianingsih, Arifuddin Tompo, Muharijadi Atmomarsono

Abstract


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui sintasan dan produksi udang windu pada tambak aplikasi bakterin dan probiotik telah dilakukan di Instalasi percobaan tambak Maranak Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau Maros. Menggunakan Rancangan Acak Lengkap 4 perlakuan dan 3 ulangan. Penggunaan bakterin dengan penambahan binder progold sebelum pelleting dan aplikasi probiotik (BL 542+BR 883+MY 1112+MR 55+BT 950) merupakan faktor utama yang diuji, masing-masing perlakuan tersebut adalah: (A) Aplikasi bakterin; (B) Aplikasi probiotik; (C) Aplikasi bakterin+probiotik; dan (D). Kontrol (tanpa bakterin dan tanpa probiotik). Pengukuran kualitas air (suhu, salinitas, pH, Alkalinitas, BOT, NH3, NO2, NO3, PO4, dan Fe) juga dilakukan sebagai data penunjang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sintasan dan produksi yang
terbaik diperoleh pada perlakuan A (aplikasi bakterin), disusul perlakuan B (aplikasi probiotik), perlakuan C (kombinasi bakterin dan probiotik) dan terakhir kontrol, tanpa bakterin dan probiotik. Kisaran nilai kualitas air kecuali untuk parameter bahan organik total dan ammoniak selama masa pemeliharaan masih berada ada kisaran yang layak untuk budidaya udang windu.


Keywords


sintasan, produksi, udangwindu, bakterin, probiotik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats