BUDIDAYA IKAN NILA HEMAT LAHAN DAN AIR DENGANSISTEMAKUAPONIK

Kusdiarti Kusdiarti, Sutrisno Sutrisno, Yohana Retnaning Widyastuti, Estu Nugroho

Abstract


Penelitian mengenai budidaya ikan nila hemat lahan dan air dengan sistem akuaponik dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan teknik budidaya ikan nila yang hemat lahan dan air. Wadah yang digunakan adalah bak fiber sebanyak 9 buah yang dilengkapi dengan filter tanaman, sebagai perlakuan yaitu tanpa filter tanaman (0%), filter 25%, dan 50% dari luas wadah. Ikan yang digunakan adalah ikan nila dengan bobot awal 13,36-14,86 g dengan padat penebaran 50 ekor per wadah. Pakan yang diberikan adalah pakan buatan sebanyak 3% bobot badan per hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan luasan filter tidak mengakibatkan perbedaan yang nyata (P>0,05) terhadap pertumbuhan maupun sintasannya. Ratarata bobot akhir berturut-turut adalah perlakuan B (67,03 g), perlakuan C (65,76 g) dan perlakuan A (53,70
g) dan rata-rata sintasan adalah perlakuan B (100%), perlakuan C (96%) dan perlakuan A (93,34%). Selain itu dari hasil produksi tanaman filter (kangkung) yang terbaik adalah perlakuan B (7.877 g per 3 bulan) dibandingkan perlakuan A (4.644 g per 3 bulan).


Keywords


nila, lahan, air, akuaponik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats