PEMELIHARAAN INDUK TILAN MERAH (Mastacembelus erythrotaenia) DALAMSUHU YANGBERBEDA

Siti Subandiyah, Lili Sholicah, Tutik Kadarini, Eni Kusrini, Sudarto Sudarto

Abstract


Ikan hias tilan merah (Mastacembelus erythrotaenia) adalah salah satu ikan hias air tawar asli Indonesia yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan digemari pecinta ikan hias, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tetapi teknik pematangan gonadnya belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suhu pemeliharaan yang sesuai untuk pematangan gonad tilan merah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan sistem resirkulasi, dengan kepadatan l0 ekor induk per kontainer l.000 L yang diisi air kurang lebih l/3-nya. Perlakuan dengan perbedaan suhu pemeliharaan yaitu suhu ruangan (suhu air) 27°C— 30oC dan ruangan ber-AC (suhu air) 24°C—26oC. Pakan yang diberikan adalah cacing tanah dan udang kecil secara adlibitum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa induk tilan merah dengan kematangan gonad mencapai
stadium 5, pada pemeliharaan bersuhu 24°C—26oC dengan diameter oocyt 0,8 mm (dari hasil pengambilan telur dengan kateter), dan 375 μL dari preparat histologi dengan perbesaran l0 kali mencapai 21%.


Keywords


induk, tilanmerah, suhu, gonad, oocyt

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats