PERFORMA PERTUMBUHAN DAN RESPONS SELEKSI IKAN PATIN SIAM Pangasianodon hypophthalmus F-2

Wahyu Pamungkas, Jadmiko Darmawan, Ika Nurlaela, Raden Roro Sri Pudji Sinarni Dewi, Evi Tahapari

Abstract


Program perbaikan mutu genetik melalui seleksi merupakan salah satu upaya untuk menghasilkan populasi dengan individu-individu yang unggul. Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memenuhi target produksi ikan patin siam (Pangasianodon hypophthalmus). Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi performa pertumbuhan dan respons seleksi populasi ikan patin siam F-2 berdasarkan karakter pertumbuhan. Ikan uji yang digunakan adalah populasi F-2 hasil pemijahan induk ikan patin siam F1 terseleksi dan kontrol
yang terdapat di kolam BPPI. Persilangan menggunakan pola half sib (satu induk betina dibuahi dua induk jantan). Populasi ikan patin siam F-2 yang digunakan terdiri atas 8 famili umur 14 bulan dan dipelihara secara terpisah di jaring ukuran 3 m x 3 m x 1,5 m. Metode seleksi yang digunakan adalah seleksi dalamfamili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bobot rata-rata populasi ikan patin siam F-2 seleksi adalah752,36 ± 167,78 g dengan koefisien keragaman sebesar 22% dan bobot rata-rata populasi kontrol adalah 589,10 ± 164,519 g dengan koefisien keragaman sebesar 27,9%. Nilai respons seleksi yang diperoleh pada populasi patin siam F-2 adalah sebesar 163,26 g atau sebesar 27,71%. Hal ini menunjukkan bahwa seleksi yang dilakukan efektif meningkatkan karakter pertumbuhan ikan patin siam.


Keywords


pertumbuhan; seleksi; populasi seleksi; populasi kontrol; respons seleksi; ikan patin siam F-2

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats