Potret Perikanan Tangkap Tuna, Cakalang dan Layang di Kota Bitung

Cornelia Mirwantini Witomo, Budi Wardono

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah memberikan gambaran keragaan perikanan tangkap di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Komoditas utama perikanan tangkap Kota Bitung adalah tuna, cakalang dan layang. Kota Bitung memiliki satu Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) yang keberadaannya sangat strategis. Pendaratan ikan di PPS Bitung berasal dari tangkapan kapal-kapal nelayan sekitar dan nelayan jaring pukat cincin (purse seine), pancing (hand line), rawai (long line) serta kapal pengumpul dan pengangkut. Armada penangkapan di Kota Bitung sebagian besar adalah alat tangkap menggunakan mata pancing seperti pancing tuna, rawai tuna, pancing ulur karena ini berpengaruh dengan nilai jual ikan yang tertangkap khusus ikan tuna dan ikan cakalang. Jumlah perusahaan/ UPI yang bergerak dalam bidang perikanan tangkap dan eksportir di Kota Bitung sebanyak 35 perusahaan. Pada umumnya jenis ikan yang di ekspor adalah tuna. Jalur ekspor ikan tuna dari Kota Bitung yaitu melalui laut dan udara.

Keywords


nilai ekonomi; perikanan tangkap; Bitung; keragaan; komoditas ekspor

Full Text:

PDF

References


Anwar, A.K. 2011. Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK) IV. (Online). Available at :http://poetragor.blogspot.com/2011/03/penyuluhperikanan-tenaga-kontrak-pptk_1685.html. Verified on : 18 Desember 2011

Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan Perikanan. 2011. Laporan Teknis Minapolitan Tangkap Laut. BBPSEKP Balitbang KP KKP. Jakarta.

Dinas Kelautan Perikanan Kota Bitung. 2010. Statistik Perikanan Kota Bitung Tahun 2009. Dinas Kelautan Perikanan Kota Bitung. Bitung.

_______. 2011. Statistik Perikanan Kota Bitung Tahun 2010. Dinas Kelautan Perikanan Kota Bitung. Bitung.

Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap. 2011. Laporan Tahunan Pelabuhan Perikanan Samudera Tahun 2010. Bitung.

Kementerian UMKM. 2009. Pola Pembiayaan Usaha Kecil Usaha Pengolahan Tuna Loin. Jakarta.

Moeslim, S dan F. Cholik. 2006. Usaha Perikanan di Indonesia. 60 Tahun Perikanan Indonesia.

Satyono, E dan A. Jauzi.2006. Konsepsi Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Sumberdaya dan Investasi Perikanan yang Tersedia dalam Rangka Meningkatkan Produksi Perikanan Indonesia. 60 Tahun Perikanan Indonesia. Masyarakat Perikanan Indonesia. Jakarta.

Widiastuty, I. 2009. Analisis Mutu Ikan Tuna Selama Lepas Tangkap Pada Perbedaan Preparasi dan Waktu Penyimpanan. (Online). Available at : https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:75_KtyJhJwsJ:www.damandiri.or.id/file/indahwidiastutyipbbab4df+aspenentuan+grade+tuna&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESiaugU9TwcIMxv_j6jjyiUV_uoTs33f-QDUQTziqg8zF1ymZoVW0Drmqa2uYNviRtGhTwWEeHtCYv-aCock6e-2N7gahjdV7ODWaXYoIcQCaI-lUqAJXbHsb5UJ1gN4ksCzBMQh&sig=AHIEtbRHDHnsLWsBOU4Af6xAJ5-QMLjFVw. Verified on : 18 Desember 2011. Masyarakat Perikanan Nusantara. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/marina.v7i1.4592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

---------------------------------------------------------------------------------------

Published by

Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan
in collaboration with
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.