STRATEGI PEMASARAN PRODUK IKAN CAKALANG ASAP (STUDI KASUS: UKM FROZEN SEAS)

Meilya Suzan Triyastuti, Daniel H. Ndahawali, Hetty M. P. Ondang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran ikan cakalang asap di UKM Frozen Seas dengan mengidentifikasi faktor internal maupun eksternal di UKM Frozen Seas. Penelitian dilakukan di UKM Frozen seas, Bitung dengan menganalisis faktor internal dan eksternal yang berdampak pada strategi pemasaran ikan cakalang asap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diperlukan diantaranya kerjasama dengan perusahaan untuk mendapatkan bahan baku dan produk yang berkualitas; diferensiasi pengemasan yg ramah lingkungan, rasa dan harga yg murah; penerapan teknologi pengasapan yang efektif dan efisien terhadap peningkatan kandungan nutrisi ikan; informasi kandungan gizi pada kemasan, menambah pasar dengan kerjasama dengan pihak terkait.

 

ABSTRACT

Frozen seas SMEs need the right marketing strategy so that smoked skipjack products can compete in the digital era. This study aims to formulate a marketing strategy for smoked skipjack tuna in Frozen seas UKM by identifying internal and external factors in Frozen seas UKM. The research method used in this research is the descriptive method. The research data were obtained by conducting observations, documentation, and interviews. The research was conducted at UKM Frozen Seas by analyzing internal and external factors that had an impact on the marketing strategy of smoked skipjack tuna. The results show that there is a need for a marketing strategy to optimize product sales and increase profits. Therefore, it is necessary to have a marketing strategy in the SME Frozen Seas which is needed including cooperation with companies to obtain quality raw materials and products; differentiation of environmentally friendly packaging, taste and low price; application of effective and efficient smoking technology to increase the nutritional content of fish; information on nutritional content on the packaging, adding to the market in collaboration with related parties.


Keywords


cakalang; ikan; pemasaran

Full Text:

PDF

References


Engel, J; Blackwell, R. (2004). Consumer Behavior. Yogyakarta: Dryden Press Chicago. Andi

Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. Jurnal Manajemen IKM, 13 (1), 19-28.

Faradizza, D. M., Andaki, J. A., & Pangemanan, J, F. (2019). Analisis Usaha Perikanan Tangkap Cumi-Cumi Pada Nelayan Tradisional di Kelurahan Motto Kecamatan Lembeh Utara Kota Bitung. Akulturasi, 7 (1), 1155-1160.

Firdaus, M. (2018). Profil Perikanan Tuna dan Cakalang di Indonesia. Buletin Ilmiah “MARINA” Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 4 (1), 23-32.

Pramana, P. E., Pangemanan, S., & Egeten, M. (2017). Kebijakan Pemerintah Kota Dalam Menggali Pendapatan Asli Daerah Di Sektor Perikanan Kota Bitung. Jurnal Eksekutif, 2 (2), 1-13.

Supriana, A., Hascaryo, B., Wisudo, S. H., Baskoro, M., & Nikijuluw, V. P. H. (2014). Model Rantai Nilai Pengembangan PerIkanan Tuna, Tongkol dan Cakalang di Indonesia. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 17 (2), 144-155.

Sarwoko, E. (2017). Strategi Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal Ekonomi Moderinisasi, 13 (1), 46-52.

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Karinda, M. V. A., Mananeke, L., Roring, F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome Pada PT Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA, 6 (3), 1568 – 1577.

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2015. Rencana Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang dan Tongkol. Direktorat Sumber daya Ikan Direktorat Jenderal PerIkanan Tangkap. KKP. Jakarta.

Komarudin, A. (2010). Politik Hukum Integratif UMKM. Jakarta: RM Books.

Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Milenium. Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing, edisi 13. United States of America: Pearson.

Li, X. (2009). Entrepreneurial Competencies as an Entrepreneurial Distinctive: An Examination of the Competency Approach in Defining Entrepreneurs. Theses. Institutional Knowledge at Singapore Management University.

Riyanto, S. (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) di Madiun. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi, 5 (3), 159-168.

Setyowati, N. W. (2015). Pengaruh Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Kecil dan Menengah di Bandung, Jawa Barat. ESENSI Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5 (1), 9-26.

Sulistiana, O., Kendek, M., Nurwahidah, & Rahman, S. (2018). Analisis Kehandalan Pelabuhan Bitung Dalam Menyukseskan Program Tol Laut. Jurnal VENUS, 06 (11), 31-44.

Sutardjo, S.C. 2014. Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan ke Depan Developmen Policy of Marine And Fisheries. Jurnal Kebijakan Perikanan Indonesia, 6(1), 37–42.

Purba, G. M. (2018). Peran Pemerintah Daerah Dalam Memberdayakan UMKM di Kota Semarang (Studi Kasus Kampung Batik Kota Semarang). Journal of Politic and Government Studies, 7 (4), 191-200.

Komarudin, A. (2010), Politik Hukum Integratif UMKM, Jakarta: RM Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/plgc.v2i2.9727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats


E-ISSN: 2720-9512

ISSN: 2715-9620

 

                  ESJI Indexing