JARINGAN KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA PEMBUDIDAYA IKAN DI KABUPATEN KAMPAR, RIAU

Zulkarnain Zulkarnain, Djuara P. Lubis, Arif Satria, Musa Hubeis

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang jaringan komunikasi pembudidaya ikan di kabupaten Kampar dalam melaksanakan kegiatan pembudidayaan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentral global, sentral lokal, kebersamaan dan keterhubungan komunikasi yang terjadi antar pembudidaya ikan di Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik sampling intact system. Jaringan komunikasi yang dianalisis adalah sentral global, sentral lokal, kebersamaan dan keterhubungan dengan menggunakan Software UCINET 6. Hasil penelitian menjelaskan bahwa jaringan komunikasi diantara pembudidaya ikan terbentuk berdasarkan kedekatan tempat tinggal dan kesamaan karakter antar anggotanya. Struktur jaringan komunikasi produksi dan pemasaran dalam usaha budidaya perikanan merupakan jaringan yang membentuk interlock personal network (memusat). Jaringan komunikasi antar pembudidaya yang memusat ini memberi arti bahwa ada peran dominan individu diantara sesama pembudidaya ikan. 

 

(The Communication Network In Production and Marketing Activities of Fish Farmers at Kampar Regency)

The research about communication network in production and marketing activities of fish farmer was conducted in Koto Mesjid Village. The main objective of this research is to know the central global, central local, betweenees, and connectedness in communication networks of fish farmer in aquaculture activities. Field survey was applied by purposive sampling technique. Data was analzed by using sociometry analysis and Ucinet 6 software. The results of the study explained that the communication network of fish farmers in the village of Koto Mesjid formed by the proximity of residence and similarity of characters among its members. The structure of the communication network in the business of production and marketing of aquaculture is the network that forms the radial personal networks. Communication network between fish farmers who converged gives the sense that there is a dominant role among individuals between fish farmers.



Keywords


jaringan komunikasi; produksi dan pemasaran; pembudidaya ikan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jsekp.v10i1.1252

Indexed by:

 

-------------------------------------------------------------------------------------

Published by

Research Center for Marine and Fisheries Socio-Economic 
in collaboration with
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.