POTENSI PASAR IKAN SAGELA ASAP (Hemirhamphus sp.) DI PROVINSI GORONTALO

Ni'mawati Syariah, Asruddin Asruddin

Abstract


ABSTRAK

Keterbatasan informasi dan data mengenai nilai ekonomis dan potensi pemasaran ikan sagela asap di Provinsi Gorontalo menjadi dasar utama penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pasar, ramalan pasar, peluang pasar dan saluran tata niaga ikan sagela asap di Provinsi Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di propinsi Gorontalo pada Bulan Januari- Agustus 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan responden yaitu produsen sebanyak 8 orang, pedagang besar 6 orang, IKM 2 orang dan pedagang pengecer dan konsumen akhir sebagai data pendukung yang jumlahnya disesuaikan dengan kondisi suatu lokasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis dengan menghitung total potensi pasar ikan sagela asap di daerah penghasil sagela dan daerah pemasaran ikan sagela asap yang ada di Propinsi Gorontalo, kemudian menghitung ramalan pasar dan peluang pasar usaha ikan sagela asap yang ada di Propinsi Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi pasar ikan sagela asap yang ada di propinsi Gorontalo sebanyak 64.410 jepit/bln dengan estimasi nilai rupiah sebesar Rp1.301.500.000,-/bln, ramalan pasar ikan sagela asap sebanyak 40.710 jepit/bln dan peluang pasar ikan sagela asap sebanyak 23.700 jepit/bln. Bentuk Saluran tata niaga ikan sagela asap yang ada di propinsi Gorontalo yaitu mulai dari produsen baik itu produsen lokal maupun produsen luar provinsi kemudian menjualnya ke pedagang besar, IKM dan pedagang pengecer untuk seterusnya ke konsumen akhir baik itu konsumen lokal maupun konsumen luar propinsi.

Title: Potency Of Smoked Halfbeaks’s Market (Hemirhamphus sp.) In The Gorontalo Province

ABSTRACT

Information and data limitation on economic value and marketing potential of smoked halfbeaks in Gorontalo Province are the main basis of this research. This study aims to determine the market potential, market forecast, market opportunities and trade channels for smoked halfbeaks in Gorontalo Province. This research was carried out in Gorontalo Province in January-August 2018. The type of research used was a survey with respondents, namely eight producers, six large traders, two small and medium scale industries, retailers and end consumers as supporting data adjusted for local conditions. This research was conducted using a questionnaire as data collection tool. The data were analyzed by calculating the total market potential of smoked halfbeaks in the halfbeaks producing area and marketing area of    smoked halfbeaks in Gorontalo Province, then calculating the market forecast and market opportunities of smoked halfbeaks business in Gorontalo Province. The results showed that market potential of smoked halfbeaks in Gorontalo Province was 64,410 bundles / month with an estimated value of 1,301,500,000 rupiah/ month, the market forecast for smoked halfbeaks is 40,710 bundles / month and the market opportunity for bundles is 23,700 bundles / month. The form of the smoked halfbeaks trading system in Gorontalo Province, starting from producers, both local and outside provinces, then selling it to wholesalers, SMIs and retailers to the end consumers, both local and outside the province. 


Keywords


potensi pasar; ramalan pasar; peluang pasar; ikan sagela asap

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit Rineka Cipta. Yogyakarta.

Botutihe, N.D. 2015. Penentuan Kadar serta Analisis Profil Protein dan Asam Amino Daging Ikan Roa Asap yang diperoleh dari Pasar Tradisional Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo

Ditjen Perikanan Tangkap. 2006. Statistik Perikanan Tangkap Indonesia. Ditjen Perikanan Tangkap. Jakarta.

Luhur, E.S, dan R. Yusuf. 2017. Analisis Rantai Nilai Ikan Cakalang di Kota Ambon, Maluku. Jurnal J. Sosek KP Vol 12 (1): 93-105

Jain, S.C. 2005. Marketing Planning and Strategy. Edisi Kedua. South- Western College Publishing. Cincinati.

Jumiati, 2012. Analisis Pemasaran dan Tingkat Pendapatan Nelayan pada Agribisnis Pengasapan Ikan Cakalang Studi Kasus di Kecamatan Bontotiro Bulukumba. Jurnal Octopus Vol 1(1): 43-53

Kawimbang, E., J.I, Parans dan I.M. Kayadoe. 2012. Pendugaan Stok dan Musim Penangkapan Ikan Julung-julung dengan Soma Roa di Perairan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 1(1): 10-17.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Salemba Empat. Jakarta

Kotler, P. 2003. Manajemen dan Strategi Pemasaran. Erlangga . Jakarta.

Patty, N.C., F, Dotulong, dan K. Suwetja. 2015. Mutu Ikan Roa (Hemirhamphus sp) yang Ada di Pasar Tradisional di Kota Manado yang disimpan pada Suhu Ruang. Jurnal Media Teknologi Perikanan Vol 3 (2).

Raman, E.S. 2007. Analisis Potensi Pasar Ikan Kering di Kabupaten Takalar. Skripsi. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Sulistijowati, R. S., O.S. Djunaedi, J. Nurhajati, E. Afrianto, dan Z. Udin. 2011. Mekanisme Pengasapan Ikan. UNPAD Press. Bandung.

Wuaten, F. J., E. Reppie, dan L.I. Labaro. 2011. Kajian Perikanan Tangkap Ikan Julung-julung (Hyporhamphus affinis) di Perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis Vol VII. Zulhendrawan, Jushermi dan M.T. Firli. 2014.

Analisis Peluang Pasar Penjualan Pelumas Pertamina Enduro pada PT Natiotama Pusaka Contranda di Kota Pekanbaru. Jurnal JOM Fekon Vol.1 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jsekp.v13i2.7137

Indexed by:

 

-------------------------------------------------------------------------------------

Published by

Research Center for Marine and Fisheries Socio-Economic 
in collaboration with
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.