VALUE CHAIN DAN POLA PENGEMBANGAN KELEMBAGAAN KOMODITI RUMPUT LAUT (Kappaphycus Alvarezii) DI DESA KOLORAI KABUPATEN PULAU MOROTAI

Admi Athirah, Ruzkiah Asaf, Tarunamulia Tarunamulia

Abstract


Komoditi yang dapat bersaing dalam menghadapi tantangan perdagangan adalah komoditi yang mempunyai added value yang besar. Perikanan laut morotai memiliki potensi yang sangat tinggi dengan adanya kondisi kualitas perairan yang tenang dan luasnya kawasan pesisir dan laut, yang memungkinkan untuk peningkatan pengembangan budidaya laut, salah satu komoditi di Desa Kolorai Kabupaten Pulau Morotai adalah Rumput Laut (Kappaphycus Alvarezii), namun dalam perkembangannya masih banyak memiliki kendala.. Penelitian dilakukan dengan memakai gabungan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang menekankan pada analisis diskriptif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam dengan para responden dan melalui proses pengamatan. Ada beberapa responden yang diwawancarai diantaranya para nelayan, pengumpul, pemerintah desa dan pemerintah kabupaten yang  menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah SCAM (A Commodity Sistem Assessment Method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik pada rantai nilai bersifat Rantai Produksi Tradisional. Pola rantai nilai dari produsen sampai ke konsumen terdiri atas: (1) produsen – pengumpul –Pedagang Ternate ; (2) produsen – pengumpul – supplier – pedagang Ternate;  dan (3) produsen – supplier – pedagang Ternate. Nilai tambah yang diberikan pada petani yaitu: pemanenan, penjemuran, pembersihan, pengemasan. Nilai tambah yang diberikan pada tingkat pengumpul, yaitu:tranportasi, penjemuran, pembersihan, pengemasan ulang, penimbangan, serta penyimpanan. Untuk melihat potensi komoditi ini menjadi produk unggulan yang dapat bersaing di pasar baik domestik maupun internasional  maka perlu mengembangkan dan meningkatkan produksi dan olahannya melalui pola pengembangan kelembagaan kemitraannya.


Keywords


value chain, pengembangan kelembagaan, rumput laut, desa kolorai

Full Text:

PDF

References


Agus Widarsono. Strategic Value Chain Analysis (Analisis Stratejik Rantai Nilai) : Suatu pendekatan Manajemen Biaya.

Atmadja, W.S., Kadi, A., Sulistijo & Rachmaniar. 1996. Pengenalan jenisjenis rumput laut Indonesia. PUSLITBANG Oseanologi. LIPI, Jakarta. Hlm.56-152.

Ben Otto. 2008. Meninggalkan Ketergantungan pada Komoditas: Menggeser Kekuasaan ke Bawah Dalam Rantai Nilai Fokus pada produk unggulan dan layanan paket lengkap dapat membantu Indonesia mempertahankan nilai dalam rantai nilai. competitiveness at the FRONTIER; Juli 2008. Jakarta.

Chen, K.Z. & Duan, Y. 2000. Competitiveness of Canadian agri-food exports againts competitors in asia: 1980-971. Journal of International Food & Agribusiness Marketing, 11(4).

Gibson, P., Dunn, L., dan Lloveras. 2008. Strategic Implications for Firms Competing in the Supply of Highly Perishable Goods - A Case Study in Cut Flowers. University of Wollongong, Wollongong, NSW 2522 Australia.

Hansen, and Mowen, 2000 : Management Biaya; Akuntansi dan Pengendalian, alih bahasa Tim Salemba Empat. Salemba Empat jakarta.

Ilalqisny, I dan Widyartini. 2000. Makroalga. Fakultas Biologi Universitas Jendral Soedirman. Purwokerto. 153 Hlm.

Indriani, H. & Suminarsih, E. 1999. Budidaya, pengolahan, dan pemasaran rumput laut. Penebar Swadaya. Cetakan ke-6. Jakarta

Lindert, P. H. dan Ch. P. Kindleberger. 1993. Ekonomi Internasional (Alih Bahasa Burhanuddin Abdullah) Edisi kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Porter, Michael, E . 1980. Competitive Strategy. Ney York : The Free Press.

Ruth Campbell. 2008. Kerangka Kerja Rantai Nilai: Analisis sektor industri terkait dengan komponen struktural dan dinamis dari rantai tersebut adalah alat penting guna meningkatkan daya saing. competitiveness at the FRONTIER; juli 2008. Jakarta.

Soegiarto, A. Sulistijo. W, S, Atmaja dan H, Mubarak. 1978. Rumput Laut, Manfaat, Potensi, dan Usaha Budidayanya. LON-LIPI. Jakarta. 49 Hlm.

Steinman, Alan D. "Algae." Microsoft® Student 2007 [DVD]. Redmond, WA: Microsoft Corporation, 2006.

Wong, K.H. & Cheung. 2000. Nutritional evaluation of some subtropical feed and green seaweed: part ii–in vitro protein digestibelity and amino acid profiles of protein concentrates. Food Chemitry.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jsekp.v16i1.7999

Indexed by:

 

-------------------------------------------------------------------------------------

Published by

Research Center for Marine and Fisheries Socio-Economic 
in collaboration with
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.