OPTIMASI GAYA DORONG WATERJET UNTUK KAPAL IKAN DENGAN METODE TAGUCHI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Huang, R., Ye, W., Dai, Y., Luo, X., Wang, Y., Du, T., & Huang , C. (2020). Investigations into the unsteady internal flow characteristics for a waterjet . Ocean Engineering, 187(22), 1-14.
Oktavianto, M., Rollastin, B., & Hasdiansah. (2023). Optimasi Variasi Panjang Blade Inlet Turbo, Impeller Type, Dan . Dinamika: Teknik Mesin Unkhair, 8(1), 13-19.
Prasdika, T. O., Bahatmaka, A., Kriswanto, & Darsono, F. B. (2025). Analisis Numerik Performa Propulsi Kapal Ikan guna Meningkatkan Efisiensi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 5(5), 1485-1496.
Seva, M. S., Kurniawan, Z., & Hasdiansah. (2024). Optimasi Karakteristik Komponen Waterjet thruster terhadap . Jurnal Inovasi Teknologi Terapan, 2(2), 396-402.
Budiyanto, M. A., Novri, J., Alhamid, M. I., & Ardiyansyah. (2019). Analysis of Convergent and Divergent-Convergent Nozzle of . AIP Conf. Proc, 1-8.
Fajardini, R. A., Mazwan, & Utama, S. D. (2025). Implementation of the Taguchi Method for Optimizing Surface Roughness in the Aluminum . Rotasi, 27(2), 71-76.
Han , S., Lee, Y.-S., & Choi, Y. B. (2012). Hydrodynamic hull form optimization using parametric models. J Mar Sci Technol, 17, 1–17.
Harris, A., Sudiarso, A., & Sutanto, R. (2022). Strategi Pertahanan Laut Dalam Rangka Ancaman. Jurnal Education and development, 10(2), 325-331.
Hasdiansah, Seva, S. M., Ahadiatullah, W. A., Oktavianto, M., Maulidiansyah, M. A., & Viniolita, T. (2024). Pengaruh Variasi Jumlah Blade Inlet Turbo Pada Waterjet Thruster . Momentum, 20(1), 64-69.
Jiao, W., Cheng, L., Zhang, D., Zhang, B., Su, Y., & Wang, C. (2019). Optimal Design of Inlet Passage for Waterjet Propulsion System. Advances in Materials Science and Engineering, 2019(12), 1-22.
Lou, Y., Peng, G., & Hao, C. (2024). Numerical simulation and thrust performance optimization of water jet thruster . Journal of Physics: Conference Series, 27(7), 1-10.
Miftah , A. N., Atmaja , D. S., & Oktafiani, A. (2022). Optimasi Multi-Objektif Proses Pemesinan Milling dengan Metode Taguchi Kolaborasi Grey Relational Analysis. Jurnal Sistem Cerdas, 5(2), 117-127.
Ridwan, M. (2010). Peningkatan Kinerja Sistem Propulsi Kapal Penangkap Ikan. Gema Teknologi, 16(2), 106-112.
Seva , M. S., & Hasdiansah. (2024). Uji Performa Waterjet Thruster Produk 3D Printing Material Super Tought Polylactic . Quantum Teknika, 5(2), 43-48.
Sultan, A. D., Rizky, Hidayat, Mulyani, S., & Yusuf, A. W. (2020). Analysis of the Effect of Cross-sectional Area on Water Flow Velocity by Using Venturimeter Tubes. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 94--99.
Tangahu, H. D. (2020). Optimasi Komposit Serat Kersen Kekuatan Bending Dengan Menggunakan Metode Taguchi. Jurnal Teknik Mesin, 8(1), 147-152.
Wardhanu, Y., Santoso, Agoes, & Adji, S. (2013). Rancangan Nozzle Waterjet Untuk Meningkatkan Kecepatan Renang pada Tank BMP-3F. Jurnal Teknik Pomits, 2(1), 139-143.
Xu, Z., Galeazzi, R., & Yuan, J. (2022). Fault-Tolerant Thrust Allocation with Thruster Dynamics for a Twin-Waterjet Propelled Vessel. Marine Science , 10(4), 1-16.
DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v7i2.17301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Public Services

Citation
Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai
Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai
Telp/Fax: (0765) 4300443
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
















