OPTIMASI GAYA DORONG WATERJET UNTUK KAPAL IKAN DENGAN METODE TAGUCHI

Mohammad Abdul Wahid, Khairul Muzaka, Mega Lazuardi Umar

Abstract


Indonesia  merupakan negara kepuluan yang memiliki wiliyah perairan yang luas. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan alat trasportasi air yang mendukung untuk ekspoiltasi sumber daya laut. Maka  penelitian ini melakukan optimasi gaya dorong waterjet pada kapal penangkap ikan untuk memerikan dampak terhadap keuntungan nelayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan Variasi Variabel Desain Waterjet yang menghasilkan Gaya Dorong optimum. Variabel desain yang divariasikan adalah diameter outlet nozzle, jumlah sudu stator, dan jumlah sudu rotor. Dimana masing-masing variabel desain memiliki 3 level dan derajat kebebasannya adalah 6. Dengan demikian Perancangan Percobaan menggunakan matrik orthogonal array L9. Matrik orthogonal array L9 memiliki 3 kolom dan 9 baris yang dapat digunakan untuk 3 variabel bebas yang masing-masing memiliki 3 level. Dari hasil pengujian, gaya dorong terkecil yaitu 24,46 N pada Variasi ke-3. Sedangkan gaya dorong tertinggi terdapat pada Variasi ke-5, dengan variabel desain diameter outlet nozzle 80 mm, jumlah sudu rotor 4, dan jumlah sudu stator 6. Gaya dorong tertinggi yaitu 38,58 N. Variasi perancangan yang mempengaruhi gaya dorong yaitu Diameter Nosel, Jumlah Blade Stator dan Jumlah Blade Rotor

Keywords


Waterjet, Gaya dorong, matriks orthogonal

Full Text:

PDF

References


Huang, R., Ye, W., Dai, Y., Luo, X., Wang, Y., Du, T., & Huang , C. (2020). Investigations into the unsteady internal flow characteristics for a waterjet . Ocean Engineering, 187(22), 1-14.

Oktavianto, M., Rollastin, B., & Hasdiansah. (2023). Optimasi Variasi Panjang Blade Inlet Turbo, Impeller Type, Dan . Dinamika: Teknik Mesin Unkhair, 8(1), 13-19.

Prasdika, T. O., Bahatmaka, A., Kriswanto, & Darsono, F. B. (2025). Analisis Numerik Performa Propulsi Kapal Ikan guna Meningkatkan Efisiensi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 5(5), 1485-1496.

Seva, M. S., Kurniawan, Z., & Hasdiansah. (2024). Optimasi Karakteristik Komponen Waterjet thruster terhadap . Jurnal Inovasi Teknologi Terapan, 2(2), 396-402.

Budiyanto, M. A., Novri, J., Alhamid, M. I., & Ardiyansyah. (2019). Analysis of Convergent and Divergent-Convergent Nozzle of . AIP Conf. Proc, 1-8.

Fajardini, R. A., Mazwan, & Utama, S. D. (2025). Implementation of the Taguchi Method for Optimizing Surface Roughness in the Aluminum . Rotasi, 27(2), 71-76.

Han , S., Lee, Y.-S., & Choi, Y. B. (2012). Hydrodynamic hull form optimization using parametric models. J Mar Sci Technol, 17, 1–17.

Harris, A., Sudiarso, A., & Sutanto, R. (2022). Strategi Pertahanan Laut Dalam Rangka Ancaman. Jurnal Education and development, 10(2), 325-331.

Hasdiansah, Seva, S. M., Ahadiatullah, W. A., Oktavianto, M., Maulidiansyah, M. A., & Viniolita, T. (2024). Pengaruh Variasi Jumlah Blade Inlet Turbo Pada Waterjet Thruster . Momentum, 20(1), 64-69.

Jiao, W., Cheng, L., Zhang, D., Zhang, B., Su, Y., & Wang, C. (2019). Optimal Design of Inlet Passage for Waterjet Propulsion System. Advances in Materials Science and Engineering, 2019(12), 1-22.

Lou, Y., Peng, G., & Hao, C. (2024). Numerical simulation and thrust performance optimization of water jet thruster . Journal of Physics: Conference Series, 27(7), 1-10.

Miftah , A. N., Atmaja , D. S., & Oktafiani, A. (2022). Optimasi Multi-Objektif Proses Pemesinan Milling dengan Metode Taguchi Kolaborasi Grey Relational Analysis. Jurnal Sistem Cerdas, 5(2), 117-127.

Ridwan, M. (2010). Peningkatan Kinerja Sistem Propulsi Kapal Penangkap Ikan. Gema Teknologi, 16(2), 106-112.

Seva , M. S., & Hasdiansah. (2024). Uji Performa Waterjet Thruster Produk 3D Printing Material Super Tought Polylactic . Quantum Teknika, 5(2), 43-48.

Sultan, A. D., Rizky, Hidayat, Mulyani, S., & Yusuf, A. W. (2020). Analysis of the Effect of Cross-sectional Area on Water Flow Velocity by Using Venturimeter Tubes. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 94--99.

Tangahu, H. D. (2020). Optimasi Komposit Serat Kersen Kekuatan Bending Dengan Menggunakan Metode Taguchi. Jurnal Teknik Mesin, 8(1), 147-152.

Wardhanu, Y., Santoso, Agoes, & Adji, S. (2013). Rancangan Nozzle Waterjet Untuk Meningkatkan Kecepatan Renang pada Tank BMP-3F. Jurnal Teknik Pomits, 2(1), 139-143.

Xu, Z., Galeazzi, R., & Yuan, J. (2022). Fault-Tolerant Thrust Allocation with Thruster Dynamics for a Twin-Waterjet Propelled Vessel. Marine Science , 10(4), 1-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/aj.v7i2.17301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Public Services

 


Citation

           

Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Jl. Wan Amir No. 1, Kel. Pangkalan Sesai, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai

Telp/Fax: (0765) 4300443

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats