ANALISIS KUALITAS AIR YANG BERPENGARUH TERHADAP PERTUMBUHAN RUMPUT LAUT Gracilaria verrucosa HASIL KULTUR JARINGAN DI TAMBAK

Rohama Daud, Sri Redjeki Hesti Mulyaningrum, Muhammad Tjaronge

Abstract


Kultur jaringan rumput laut Gracillaria verucosa telah diaklimatisasi di tambak dan ternyata dapat tumbuh baik. Untuk itu dilakukan  penelitian pertumbuhan rumput laut hasil kultur jaringan di tambak Takalar, Bone dan Pangkep dengan metode long-line dan sebar dalam hapa sebagai uji multi lokasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor lingkungan kualitas air yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit rumput laut hasil kultur jaringan di tambak. Peubah tidak bebas adalah laju pertumbuhan harian dan peubah bebas adalah factor kualitas air yang terdiri dari 5 peubah. Analisis regresi berganda digunakan untuk meprediksi laju pertumbuhan harian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan harian di tambak Takalar dipengaruhi oleh kandungan Nitrat dengan nilai R2 80,4%, di Pangkep dipengaruhi oleh Posfat dan Nitrat dengan R2 65,6% dan di Bone dipengaruhi oleh kadar Amoniak dengan nilai R2 99,6%.


Keywords


kualitas air; kultur jaringan; rumput laut; Gracilaria verrucosa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats