HUBUNGAN KEDALAMAN PERAIRAN DENGAN KONSENTRASI FOSFAT (PO4) PADA SEDIMEN DASAR PERAIRAN DI TELUK GAYUN KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG

Rezki Antoni Suhaimi, Ruzkiah Asaf

Abstract


Kabupaten Pesawaran merupakan sebuah Kabupaten Daerah Otonomi Baru yang merupakan daerah pemekaran Kabupaten Lampung Selatan. Teluk Gayun terletak di Kecamatan Punduh Pidada dan berbatasan langsung dengan Kecamatan Padang Cermin. Sedimentasi yang terjadi di Teluk Gayun berasal dari aliran sungai yang bermuara di teluk Gayun, disamping pengikisan daerah pantai oleh faktor oseanografi dan mengendap di teluk Gayun tersebut. Fosfat (PO4) merupakan bahan makanan utama yang digunakan oleh semua organisme untuk pertumbuhan dan sumber energi. PO4 di dalam air laut, berada dalam bentuk senyawa organik dan anorganik. Sumber PO4diperairan laut pada wilayah pesisir adalah sungai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2013 dan bertujuan untuk melihat hubungan antara kedalaman dengan konsentrasi PO4. Pengukuran kedalaman dilakukan dengan menggunakan Echo Sounder. Waktu dan koordinat pengukuran dicari dengan menggunakan GPS. Pengambilan sampel sedimen dilakukan dengan menggunakan grab sampler, posisi dan waktu pengambilan sampel disesuaikan dengan pengukuran kedalaman. Untuk penentuan konsentrasi PO4 digunakan teknik spektrofotometrik, dengan metode Olsen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perbandingan kedalaman perairan terhadap konsentrasi PO4 dapat dilihat bahwa konsentrasi PO4 tertinggi berada pada kedalaman 10 – 12 m dengan nilai konsentrasi 112,98 ppm dan standar deviasi ± 33,59 ppm. Sedangkan untuk konsentrasi PO4 terendah ditemukan pada kedalaman 1820 m dengan konsentrasi sebesar 77,54 dan standar deviasi ± 22,87 ppm. Konsentrasi PO4 yang terkandung dalam dasar, cenderung akan meningkat seiring dengan bertambahnya kedalaman. Akan tetapi, pada kedalaman setelah 12 m, konsentrasi akan kembali menurun.


Keywords


konsentrasi PO4; kedalaman; Teluk Gayun Lampung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats