PENELITIAN PENGEMBANGAN PAKAN EFISIEN DAN EKONOMIS BERBASIS BAHAN BAKU LOKAL UNTUK BUDIDAYA IKAN PATIN (Pangasionodon hypopthalmus) DI KABUPATEN KAMPAR, RIAU

Mas Tri Djoko Sunarno, Muhammad Sulhi, Lusi Herawati Suryaningrum, Maya Wilakstanti

Abstract


Budidaya ikan patin (Pangasionodon hypopthalmus) di Kabupaten Kampar, Riau mempunyai posisi strategis untuk membendung impor patin dari Vietnam. Pembudidaya ikan patin menggunakan pakan buatan sendiri. Oleh karena itu, suatu penelitian pengembangan pakan formula efisien dan ekonomis berbasis bahan baku lokal untuk budidaya patin telah dilakukan pada tahun 2013 di Kabupaten Kampar, Riau. Pakan formula tersusun atas bahan baku lokal dengan kandungan protein 28-30% dan harga Rp 5.000-5.500 per kg yang dibuat di pabrik pakan ikan pembudidaya. Pemeliharaan ikan patin disesuaikan dengan kebiasaan pembudidaya, dengan pemberian pakan formula, ukuran panen patin 200 g/ekor dapat diperoleh dalam waktu 2 bulan dengan FCR 1,3 dan ukuran 500-600 gram per ekor dalam waktu 4,0 bulan dengan FCR= 1,2-1,3. Pembudidaya patin yang menggunakan pakan basah buatan sendiri (protein 12-19 %; harga Rp 3.400 per kg) membutuhkan 4 bulan untuk memanen 200 gram per ekor dengan FCR 1,9. Oleh karena itu, penerapan teknologi pakan dapat meningkatkan efisiensi dan nilai ekonomis budidaya patin di Kabupaten Kampar.


Keywords


pakan formula; pakan lokal; patin; Pangasionodon hypophthalmus; bahan baku lokal; Kabupaten Kampar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats