KARAKTER FENOTIP DAN GENOTIP KERAPU HIBRID CANTIK (Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus polyphekadion) DENGAN POPULASI ASAL

Daniar Kusumawati, Suko Ismi

Abstract


Pertumbuhan ikan kerapu hibrida cantik yang merupakan hasil persilangan antara betina kerapu macan dan jantan kerapu batik memberikan performansi pertumbuhan yang lebih cepat. Performasi secara morfologi ini perlu dievaluasi lebih lanjut sehingga karakter fenotip dan genotip yang saling terkait dapat dijadikan informasi awal tentang kedekatan sifat (pewarisan sifat) kerapu hibrida cantik dengan populasi asalnya yaitu kerapu macan dan batik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat karakter fenotip dan genotip antara ikan kerapu hibrida cantik dengan populasi asal yaitu kerapu macan dan batik berdasarkan variasi morfometrik dan variasi genetik dengan metode RAPD. Karakter fenotip dilakukan dengan analisa variasi morfologi berdasarkan data morfometrik dimana hasil konfirmasi data karakter morfometrik secara proporsional diolah melalui program cluster dengan software Minitab 13.1. Pada karakter genetik dilakukan analisa variasi genetik menggunakan uji isolasi DNA-RAPD dan diamplifikasi menggunakan primer OPA 120. Data matrik hasil konfirmasi profil pita DNA-RAPD dianalisis dengan menggunakan program MVSP (Multivariate Statistical Package) dan ditransformasi dalam bentuk fenogram dengan program UPGMA (Unweighted Pair-Group Average Method). Berdasarkan karakter fenotipnya melalui pendekatan morfometrik, ikan kerapu cantik memiki kemiripan lebih dekat dengan ikan kerapu macan sebesar 22.89. Sementara itu, berdasarkan karakter genotipnya melalui pendekatan variasi genetik dengan motode RAPD, ikan kerapu cantik memiliki kemiripan lebih dekat dengan ikan kerapu batik sebesar 82.4%.


Keywords


variasi genetik; variasi morfologi; kerapu; hibrid

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats