VARIASI WARNA BAKTERI Vibrio sp. PADA BUDIDAYA UDANG VANAME SISTEM TRADISIONAL PLUS DENGAN APLIKASI PERGILIRAN PROBIOTIK

Endang Susianingsih, Muharijadi Atmomarsono

Abstract


Udang vanname (Litopenaeus vanname) merupakan salah satu udang introduksi yang cukup potensial untuk dikembangkan dengan pemanfaatan tingkat teknologinya dapat dilakukan secara tradisional, tradisional plus, semi intensif dan intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi morfologi bakteri Vibrio harveyii pada budidaya udang vanname sistem tradisonal plus dengan aplikasi pergiliran probiotik. Menggunakan 9 petak tambak dengan luas 250 m2/petak,padat tebar 10 ekor/ m dengan system tradisional plus. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 3 perlakuan yaitu :perlakuan A = pergiliran probiotik RICA-1, RICA-2, RICA-3, perlakuan B = pergiliran probiotik RICA-4, RICA-5, RICA-3 dan control tanpa probiotik yang masing-masing diulang sebanyak 3 kali. Persiapan tambak dilakukan dengan mengikuti standar operasional pertambakan dan cara budidaya ikan yang baik. Peubah yang diamati pada penelitian ini adalah variasi warna bakteri Vibrio sp. yang diisolasi dari media air tambak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isolate bakteri vibrio yang berwarna kuning berada pada kisaran 101 – 103 CFU/mL sedang isolate bakteri vibrio yang bewarna hijau juga berada pada kisaran 101 – 103 CFU/mL. Kisaran yang demikian masihl ayak (di bawah 104 CFU/mL ) untuk budidaya udang, dan kemungkinan disebakan karena pengaruh penggunaan probiotik yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakter ipatogen.


Keywords


variasi warna; Vibrio sp.; udang vaname; tradisional plus; pergiliran probiotik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats