KERAGAAN BENIH KERAPU MACAN (Epinephelus fuscoguttatus) YANG DIVAKSINASI DENGAN VAKSIN BAKTERI Vibrio POLIVALEN, Streptococcus, DAN Flexibacter

Zafran Zafran, Des Roza, Fris Johnny

Abstract


Infeksi ikan oleh bakteri merupakan salah satu kendala dalam budidaya perikanan laut. Salah satu pedekatan dalam penanggulangan penyakit bakterial adalah vaksinasi. Suatu penelitian untuk mengetahui efektivitas vaksin bakteri Vibrio polivalen apabila dikombinasikan dengan vaksin Streptococcus dan vaksin Flexibacter telah dilakukan pada benih ikan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus). Vaksin diberikan terhadap benih ukuran 6-7 cm TL di hatcheri melalui perendaman selama 1 jam dengan konsentrasi 1 mL vaksin/L air laut. Booster diberikan seminggu kemudian. Sebagai kontrol adalah perendaman ikan dalam air laut tanpa vaksin. Ikan ditebar di KJA setelah ukurannya mencapai 8-10 cm. Vaksinasi ulang diberikan 60 hari dan 120 hari pasca penebaran di KJA. Vaksin diberikan melalui perendaman selama 1 jam dengan dosis vaksin 1 mL/ L air laut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa benih kerapu macan memberikan respons positif terhadap vaksin yang diberikan. Nilai titer antibodi ikan yang divaksin meningkat sampai 128 selama 6 bulan pemeliharaan dengan nilai RPS 49%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keragaan benih (nilai titer antibodi dan sintasan) ikan kerapu macan yang diberi vaksin lebih baik dibanding yang tidak divaksin.


Keywords


penyakit bakterial; Vibrio; Streptococcus; Flexibacter; vaksin

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
Prosiding Forum Inovasi Teknologi Akuakultur by is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats