Strategi Pemasaran Dalam Masa Pandemi: Pelajaran dari Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Hasil Perikanan di Kabupaten Banyumas

Annisa Wening Maharani Putri, Muhammad Hanief Ihsanuddin, Kusdiarti Kusdiarti, Lies Emmawati, Endhay Kusnendar Muljana Kontara

Abstract


Pandemi COVID-19, yang berdampak pada penurunan aktivitas sampai dengan kegagalan bisnis, memberi pelajaran berharga bagi keberhasilan pengembangan usaha Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar). Hasil Perikanan di Kabupaten Banyumas melalui penerapan strategi SO (Strenght-Opportunities). Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanakan di Kecamatan Kedungbanteng, Kecamatan Kembaran, dan Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas pada bulan April sampai dengan Mei 2021. Tujuan penelitian untuk mengkonfirmasi validitas strategi keberhasilan poklahsar Banyumas dalam mengatasi dampak pandemi. Data utama diperoleh melalui konsultasi dengan pejabat Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kabupaten Banyumas, dan wawancara dengan anggota poklahsar melalui teknik purposive sampling. Poklahsar diwakili oleh pengurus dan/atau anggota aktif yang pada umumnya adalah perempuan berusia usia 20–60 tahun, yang melakukan usaha pengolahan nila, lele, gurami, tuna, dan salmon. Dilakukan pengambilan sampel sebanyak 10 responden dari total 37 anggota dari lima poklahsar aktif sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Pokok analisis pertama adalah rekonstruksi strategi yang diterapkan oleh masyarakat pada masa pandemi Covid-19, melalui analisis SWOT. Analisis SWOT didasarkan pada hasil identifikasi aspek-aspek kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang relevan dengan situasi. Analisis kedua adalah pengukuran kinerja dari strategi tersebut, melalui analisis usaha poklahsar terkait. Hasil menunjukkan bahwa: (i) strategi Strenght-Opportunities terbukti valid dan sesuai dengan analisis SWOT yang didasarkan pada pada aspek-aspek internal dan eksternal terkait, (ii) analisis usaha menunjukkan kinerja finansial positif, yang mengindikasikan berjalannya strategi yang diterapkan. Implikasi kebijakan dari kesimpulan ini adalah bahwa strategi tepat yang menyertakan pertimbangan segenap aspek relevan sangat penting untuk menunjang keberhasilan pelaku usaha untuk menghadapi situasi sulit seperti pandemi.

 

Tittle: Marketing Strategy During a Pandemic: Lessons from Fishery Product Processors and Marketers Group (Poklahsar) in Banyumas Regency

The impact of the COVID-19 pandemic on reducing activity to the point of business failure provided valuable lessons for the successful development of the Fishery Product Processing and Marketing Group (Poklahsar) business in Banyumas Regency through the implementation of the Strenght-Opportunities strategy. This research is a case study conducted in Kedungbanteng, Kembaran, and Sokaraja Districts, Banyumas Regency from April to May 2021. The aim is to confirm Poklahsars’ successful strategy to overcome the pandemic impact. The primary data was obtained through consultation with the Agriculture and Fisheries Agency (DPP) officials of Banyumas Regency, and interviews with Poklahsars’ members using a purposive sampling technique. Poklahsars were represented by the active members who are generally women aged 20–60 years, operating processing businesses of tilapia, catfish, gourami, tuna, and salmon. Sampling was conducted from 10 respondents from 37 members from five active Poklahsars according to predetermined criteria. The strategy-implemented reconstruction of the community during the pandemic through a SWOT analysis. SWOT analysis is based on the identification of strengths, weaknesses, opportunities, and threats to the situation. The strategy performance was measured through Poklahsars’ business analysis. The results show that: (i) the Strength-Opportunities strategy is proven to be valid by the SWOT analysis based on internal and external aspects, (ii) the business analysis shows positive financial performance, which indicates the strategy accomplishment. The policy-implication conclusion is that an appropriate strategy that includes all relevant aspects of consideration is essential to support the businesses actor’s success in dealing with the pandemic.



Keywords


analisis kelayakan usaha; BEP; NPV; B/C ratio; poklahsar; SWOT

Full Text:

PDF

References


Botchkarev, A. (2015). Estimating the Accuracy of the Return on Investment (ROI) Performance Evaluation. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 10, 217-233. http://www.ijikm.org/Volume10/IJIKMv10p217-233Botch karev2027.pdf.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banyumas. (2015). Jumlah Desa / Kelurahan Menurut Kecamatan di Kabupaten Banyumas. Badan Pusat Statistik, Banyumas.

Dai, H., Li, N., Wang, Y., Zhao, X. (2022). The Analysis of Three Main Investment Criteria : NPV, IRR and Payback Period. Atlantic Press, Proceedings of the 2022 7th International Conference on Financial Innovation and Economic Development (ICFIED 2022). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220307.028.

Hopkinson, M. (2016). Advances in Project Management Series : The Case for Project Net Present Value (NPV) and NPV Risk Models. PM World Journal, 5 (6). https://pmworldlibrary.net/wp-content/uploads/2016/06/pmwj47-Jun2016-Hopkinson-pro ject -net-present-value-Series-Article.pdf.

Statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (2021). Produksi Perikanan Budidaya Air Tawar. http://statistik.kkp.go.id.

Kementerian Kesehatan Repulik Indonesia. (2021). Buku Saku Hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota Tahun 2021. Kemenkes, Jakarta.

Khan, M.Y., dan Jain, P.K. (2004). Financial Management Fourth Edition. Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited, New Delhi.

Mahyudin, K. (2008). Panduan Lengkap Agribisnis Lele. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Stelling, S., Syah, T.Y.R., Indrawati, R., Dewanto, D. (2018). Role of Payback Period, ROI, and NPV for Investment in Clinical Health Business. International Advanced Research Journal in Science, Engineering and Technology, 5 (7), ISO 3297:2007 Certified. DOI: https://iarjset.com/wp-content/uploads/2018/09/10.17148.IARJSET.2018.5714.pdf.

Suratman, D. (2021). Pemasaran Hasil Kelautan dan Perikanan di Masa Pandemi COVID-19. Direktorat Logistik, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. https://kkp.go.id/an-component/media/upload-gambar-pendukung /Archivelago/Makalah%20Jabfung/PEMASARAN%20HASIL%20KELAUTAN%20DAN%20PERIKANAN%20DI%20MASA%20PANDEMI%20COVID-19.pdf.

Pahl, N., dan Ritcher, N. (2007). SWOT Analysis – Idea, Methodology and a Practical Approach. GRIN Verlag, Norderstedt, Germany.

Tambunan, T.S.(2020). SWOT Analysis for Tourism Development Strategy of Samosis Regency. The International Journal of Applied Business, 4 (2) : 90-105. https://doi.org/10.20473/tijab.V4.I2.2020.90-105.




DOI: http://dx.doi.org/10.15578/jksekp.v13i1.11379

Indexed by:

 

 

 

---------------------------------------------------------------------------------------

 

Published by

Research Center for Marine and Fisheries Socio-Economic

in collaboration with
Indonesian Marine and Fisheries Socio-Economics Research Network

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.