Kajian Kualitas Air Untuk Wisata Bahari Di Pesisir Kecamatan Moyo Hilir Dan Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa

Ni Luh Gede Rai Ayu Saraswati, Yulius -, Agustin Rustam, Hadiwijaya L. Salim, Aida Heriati, Eva Mustikasari

Abstract

Perairan teluk Saleh memiliki keanekaragaman hayati laut yang berpotensi sebagai obyek wisata bahari. Keberadaan keanekaragaman hayati laut tersebut tidak terlepas dari kondisi kualitas perairan sebagai penunjang kehidupan organisme akuatik sebagai obyek dari wisata bahari. Oleh karena itu, penelitian terhadap analisis kualitas air untuk wisata bahari di teluk Saleh diperlukan. Penelitian ini dilakukan pada 8-10 Mei 2015 di teluk Saleh, Kabupaten Sumbawa dengan mengambil sebanyak 29 lokasi stasiun pengamatan. Pengambilan data kualitas perairan dilakukan secara purposive sampling dengan menggunakan alat multiparameter WQC-24. Parameter yang diukur diantaranya adalah kecepatan arus, kecerahan, kekeruhan, suhu, pH, salinitas dan DO. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan analisa PCA (Principal Component Analysis). Hasil pengukuran menunjukan bahwa nilai kekeruhan (pada stasiun 25 dan 50), fosfat dan nitrat melebihi baku mutu Kepmenneg LH no 51 tahun 2004 Lampiran II dengan nilai rata-rata berturut-turut 20,5 NTU; 0,074 mg/L; dan 8,4 mg/L. Secara keseluruhan perairan teluk Saleh tergolong baik dan cocok sebagai kawasan wisata bahari. Berdasarkan analisis PCA diperoleh parameter yang berperan kuat di lokasi adalah konduktivitas, salinitas, suhu, kecepatan arus dan kekeruhan.

Keywords

Kualitas air, wisata bahari, Teluk Saleh, baku mutu air laut.

Full Text:

PDF

References

Anonim. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 51 Tahun 2004 Tentang Baku Mutu Air Laut. http://hukum.unsrat.ac.id/men/menlh_51_2004.pdf, diakses tanggal 02 Juli 2014.

BKPM-Badan Koordinasi Penanaman Modal. 2012. Peluang Investasi Daerah, Kabupaten Sumbawa.

Dritasto, A. dan Annisa. A. A. 2013. Analisis Dampak Ekonomi Wisata Bahari Terhadap Pendapatan Masyarakat di Pulau Tidung. Reka Loka. Jurnal Online Institute Teknologi Nasional. Vo. 20, No. 10, 1-8 hlm.

Effendi, H., 2003. Telaah Kualitas Air, Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Legendre, L and P. Legendre 1983. Statistical Ecology: A Primer on Method and Computing. Jhon Wiley and Sons.Inc.New York .337 p.

Ludwig, J.A and J.F. Reynolds. 1988. Statistical Ecology: A Primer on Methods and Computing. John Willey & Sons.Singapore. 338 p.

Makatita, J.R., A.B. Susanto dan J. C. Mangimbulude. Kajian Zat Hara Fosfat dan Nitrat Pada Air Dan Sedimen Padang Lamun Pulau Tujuh Seram Utara Barat Maluku Tengah. Seminar Nasional. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Terbuka. Tanggerrang Selatan.

Mujiyanto dan S.T. Hartati. 2009. Kondisi Ekosistem Terumbu Karang Di Pulau Rakit dan Pulau Ganteng Perairan Teluk Saleh Nusa Tenggara Barat Serta Strategi Pengelolaannya. Prosiding Forum Nasional Sumberdaya Ikan II. Kerjasama LRPSI-PRPT, IPB, LIPI dan MII. Hal. KR-10.

Mujiyanto dan Wasilun. 2006. Kondisi Oseanografi di Perairan Teluk Saleh, Nusa Tenggara Barat. Prosiding Seminar Nasional Ikan IV. Kerjasama LRPSI, LIPI, dan MII. 217-223hlm.

Paramitha, A. 2014. Studi Klorofil-a Di Kawasan Perairan Belawan Sumatera Utara. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Pratikto, W.A. 2003. Kebijakan Penataan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia. Alami. Vol. 8, No. 3, 1-7 hlm.

Satria, H., dan Mujiyanto. 2011. Struktur Komunitas Ikan Karang Di Lokasi Terumbu Karang Buatan di Perairan Teluk Saleh, Nusa Tenggara Barat. Prosiding Forum Nasional Pemacuan Stok Ikan III: Kestabilan Produksi Ikan. Kerjasama BP2KSI, FPIK, UNPAD, LIPI dan MII. 18 Oktober 2011. Hal. KSI-10.1-16hlm.

Simanjuntak, M. 2012. Kualitas Air Laut Ditinjau Dari Aspek Zat Hara, Oksigen Terlarut Dan Ph Di Perairan Banggai, Sulawesi Tengah. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis. Vol. 4, No. 2, Hlm. 290-303. Jakarta.

Talley, L. D. 2002. Salinity Patterns in The Ocean. Encyclopedia of Global Environmental Change, Volume 1, pp 629-640.

Tambunan, J.M., S. Anggoro, dan H. Purnaweni. 2013. Kajian Kualitas Lingkungan dan Kesesuaian Wisata Pantai Tanjung Pesona Kabupaten Bangka. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan. 356-362hlm.

Wilson, P.C. 2010. Water Quality Notes: Water Clarity (Turbidity, Suspended Solids, and Color). Department of Soil and Water Science. University of Florida.

Winata, A.K. 2006. Fluktuasi Kadar Senyawaan Nitrogen Dan Fosfat Di Perairan Teluk Jakarta. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor. Bogor.